Bidan di Kota Ambon Peringati HUT IBI ke 67 | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bidan di Kota Ambon Peringati HUT IBI ke 67

BERITA MALUKU. Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kota Ambon menggelar acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun IBI yang ke 67 tahun 2018. Acara yang mengusung tema “Bidan Garda Terdepan Mengawal Kesehatan Maternal Neonatal Melalui Germas dan Pelayanan Berkualitas“ (The Midwives Leading The Way by Quality Care) digelar di Gedung pertemuan Politeknik Negeri Ambon, Selasa (21/08/2018).

Acara berlangsung khidmad itu diikuti oleh peserta seluruh bidan yang berada di bawah pengurusan IBI Kota Ambon dan dihadiri oleh tamu undangan seluruh kepala instansi pemerintahan Kota Ambon, kepala instansi kesehatan di Kota Ambon serta mitra IBI Cabang Kota Ambon.

Ketua IBI Pengurus Daerah Maluku Bidan An Hitipeuw, SST., M.Keb., pada acara itu membacakan sambutan Ketua Umum IBI Pusat Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes., yang mengatakan bahwa bidan diakui sebagai tenaga kesehatan professional yang bertanggung jawab yang bekerja serta menjamin kemitraan dengan perempuan dalam memberikan pelayanan kesehatan reproduksi perempuan baik Balita dan keluarga berencana.

Lebih lanjut dikatakan, bidan memiliki peran penting dalam mengawal   kesehatan maternal dan neonatal melalui Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) serta pelayanan berkualitas.

Selanjutnya Ketua Umum IBI Pusat juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi tantangan IBI kedepan baik di lingkungan maupun di luar organisasi antara lain jumlah anggota yang semakin bertambah dengan kualitas lulusan yang berfariasi perlu penanganan secara khusus dalam rangka menghadapi pelayanan kesehatan di era globalisasi.

Hadir mewakili Walikota Ambon Richard Louhenapessy, S.H., Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru, SH., M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa momen ulang tahun merupakan sebuah momen yang sangat penting, dimana dengan peringatan hari ulang tahun kita berupaya untuk melihat masa lalu sebagai mata rantai sejarah yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan.

Lebih lanjut dikatakan, peringatan hari ulang tahun juga kita jadikan sebagai sarana mawasdiri atau intropeksi diri dengan demikian setiap etape perjalanan selalu bermakna dan mampu memberikan jawaban persoalan yang dihadapi di masa kini untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

“Usia yang sangat matang dengan banyak pengalaman yang sudah dilalui sebagai organisasi profesi merupakan saat yang tepat untuk merenungkan apa yang telah dicapai dan kendala apa yang dihadapi untuk memperbaiki organisasi IBI dimasa yang akan datang”, ujarnya.

Selain itu disampaikan, IBI merupakan satu – satunya organisasi profesi untuk para bidan di Indonesia, terkait dengan itu Pemerintah Kota Ambon sedang giat – giatnya membangun kota melalui visi Ambon harmonis, sejahtera dan religius, dalam visi tersebut tertuang tiga peran dan tanggung jawab bidan. IBI memiliki tugas yang sangat strategis khususnya di Kota Ambon.

Diakhir sambutannya, Sekretaris Kota Ambon mengucapkan selamat hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia yang ke 67 tahun 2018. “Semoga kerjasama antara IBI dengan SKPD melalui pelayanan kesehatan ini akan tetap terjalin dengan baik demi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kebidanan khususnya di Kota Ambon”, sambungnya. 

Menjelang HUT IBI ke 67 tahun 2018, beberapa waktu lalu IBI Ranting Baguala selaku panitia penyelenggara peringatan HUT IBI tahun 2018 di Kota Ambon telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan bakti sosial kesehatan kebidanan di berbagai tempat yaitu, bakti sosial di Dusun Kotania Kabupaten Seram Bagian Barat, senam ibu hamil di Desa Tawiri, bakti sosial di Desa Hutumuri dan bakti sosial di Desa Halong. 
Kesehatan 1696342734795279306

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang