DPW PPNI Promal Selenggarakan Seminar Nasional Keperawatan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

DPW PPNI Promal Selenggarakan Seminar Nasional Keperawatan

BERITA MALUKU. Pengurus dan Anggota PPNI Dewan Pengurus Komisariat (DPK) Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon mengikuti Acara Seminar Nasional Keperawatan yang digelar oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Maluku di Gedung Serbaguna Maluku City Mall (MCM). Senin (25/06/2018).

Acara seminar yang dibuka oleh Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff menghadirkan narasumber Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI Harif Fadillah, S.Kp, SH., MH.Kes., beserta Staff DPP PPNI dan diikuti peserta dari akademisi, pendidikan, mahasiswa dan juga pegawai di intansi pemerintahan serta rumah sakit yang ada di Provinsi Maluku.

Sebelum acara pembukaan seminar yang bertemakan Praktik Mandiri Keperawatan tersebut, Ketua Umum DPP PPNI didampingi Ketua DPW PPNI Provinsi Maluku memberikan penghargaan dalam rangka perjuangan pengesahan undang – undang keperawatan kepada  Gubernur Maluku dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku yang menyempatkan hadir pada acara seminar itu dan kemudian meninggalkan acara seminar kerena menghadiri kegiatan lain.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan seminar, Ketua Umum DPP PPNI mengatakan kegiatan seminar ini merupakan bagian dari proses penguatan kelembagaan organisasi PPNI dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai organisasi profesi yang mempunyai tanggung jawab untuk peningkatan dan pemeliharaan pengetahuan serta ketrampilan, martabat dan etika profesi serta mempersatukan perawat seluruh Indonesia untuk menunjang pembangunan Nasional.\

Selanjutnya pada sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Maluku Bindang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Abdul Halim Daties yang sekaligus membuka secara resmi acara Seminar Keperawatan itu mengharapkan hasil – hasil yang dicapai dalam seminar ini dapat memberikan kontribusi konseptual maupun praktis terhadap pembangunan sumber daya manusia keperawatan di Maluku.

Lebih lanjut disampaikan pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian internal dari pelayanan kesehatan di dasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan berbentuk pelayanan biopsikososial spiritual yang koferehensif ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan seminar dengan Narasumber Ketua Umum DPP PPNI yang menyampaiakan materi tentang aspek norma dan tanggung jawab dalam praktik keperawatan. Selanjutnya materi tentang praktik mandiri keperawatan oleh Anggota Bidang Pelayanan DPP PPNI Ns. Achirman, S.Kep., SKM., M.Kep., dan materi tentang standar diagnosis keperawatan Indonesia disampaiakan oleh Bendahara Umum DPP PPNI Apri Sunadi.

Pada kesempatan itu disela acara seminar, Ketua Dewan Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Maluku Harry Lotleli, S.Sos., M.Kes., mengatakan seminar ini mempunyai makna mendalam bahwa praktik mandiri keperawatan sesuai dengan amanat undang – undang nomer 38 tahun 2014 tentang keperawatan.

“Praktik mandiri ini perlu disosialisasikan kepada seluruh kalangan perawat di Maluku, dengan harapan dari sosialisasi ini para peserta dapat memahami peran mereka (perawat) sebagai tanggung jawab keperawatan secara mandiri di tengah – tengah masyarakat yang sesuai aturan yang berlaku”, kata Ketua DPW PPNI Maluku kepada wartawan. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 3258199563509022066
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks