Kodam Pattimura Gandeng Walubi Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Kodam Pattimura Gandeng Walubi Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis

BERITA MALUKU. Sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat terutama dalam bidang kesehatan, Kodam XVI/Pattimura bekerjasama dengan Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Sumatera Utara menggelar bhakti sosial berupa pelayanan kesehatan operasi katarak gratis, berlangsung dua hari di Rumkit Tk II Prof. dr. J.A. Latumeten Ambon, Jl. Dr Tamaela, kota Ambon, mulai 10 hingga 11 Maret 2018.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura yang diterima media ini, Sabtu (10/3/2018) menyebutkan, kegiatan Bakti Sosial Operasi katarak ini melibatkan Tim Medis berjumlah 25 orang, terdiri dari Kolonel. Dr. Mohammad Irsan, SPM (TNI), Dr. Teguh Filbert Metaputra Dr. Sriana Wulansari dan tiga diantaranya paramedis dari Nepal.

Dari 1.029 orang pasien yang terdaftar mengikuti screening, namun 190 orang diantaranya yang bisa mendapatkan pelayanan Operasi Katarak, yakni 85 orang dari kota Ambon, Kabupaten Buru 30 orang, Kabupaten Maluku Tengah 42 orang dan 33 Orang asal Kabupaten SBB.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam XVI/Pattimura menyampaikan, bahwa Bhakti Sosial Operasi Katarak ini adalah salah satu bentuk kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) dan kegiatan sosial masyarakat yang merupakan kerjasama antara TNI dengan Pengurus Daerah Walubi (Perwakilan Umat Budha Indonesia) Sumatera Utara.

“Apa yang dilakukan TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura pada hari ini tidaklah seberapa bila dihadapkan dengan kebutuhan masyarakat di wilayah ini. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk lebih peduli dan berkontribusi untuk membantu kesulitan masyarakat di Wilayah Maluku ini,” Ujar Pangdam.

Dijelaskan, tujuan dari kegiatan Bhakti sosial Operasi Katarak ini adalah sebagai jembatan untuk mendekatkan dengan masyarakat dan membantu mengurangi beban masyarakat serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk terus memelihara dan memperkokoh rasa kebersamaan, kekeluargaan serta  kesetiakawanan sosial sebagai sarana mempererat kemanunggalan TNI dan Rakyat di daerah ini serta meningkatkan derajat kesehatan dengan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

Acara tersebut dihadiri oleh Waaster Panglima TNI Brigjen (Mar) Purnomo, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Direktur RSDU dr.M. Haulussy, dr. Justini Pawa, M.Kes mewakili Gubernur Maluku, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs Hasanuddin,SH,MH, mewakili Kapolda Maluku, Wadan Lantamal IX Ambon Kolonel Marinir Imam Sopingi mewakili Danlantamal IX/Ambon, Wadan Lanud Pattimura Letkol Pas Agung Setyo Budi S.H mewakili Danlanud Pattimura, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Tehuteru, Kasat Brimob Polda Maluku Akbp Muhammad Guntur, Para Asisten dan Kabalakdam serta Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura, Walkil waliikota Ambon Syarief Hadle, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wenddy Pelupessy, Chief Program Coordinator A New Vision Walubi Sumatra Utara  Ibu Elwi Jono beserta Tim, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVI/Pattimura beserta pengurus, Ketua Bayangkara Polda Maluku beserta Pengurus, Ketua Jalasenasti Lantamal IX Ambon beserta pengurus dan Ketua Pia Ardhya Garini Lanud Pattimura beserta pengurus.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga tidak hanya dilaksanakan di Maluku tetapi akan dilaksanakan pula di Maluku Utara pada tanggal 13 hingga 14 Maret nanti, bertempat di Rumkit Tingkat IV Ternate, dengan target pasien berjumlah 750 orang.
TNI-Polri 7937178229427049466
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks