Imigrasi Ambon Rencana Pulangkan Sembilan Warga Filipina | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Imigrasi Ambon Rencana Pulangkan Sembilan Warga Filipina

BERITA MALUKU. Kantor Imigrasi Kelas I Ambon berencana memulangkan lagi sembilan orang warga negara asing asal Filipina dengan menggunakan salah satu jasa penerbangan dari Ambon menuju Jakarta.

"Kami sudah merencanakan proses pemulangan pada hari Rabu (14/2), dengan menggunakan salah satu pesawat udara yang dijadwalkan penerbangannya pada siang hari," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Ambon Hendro Widhiatmoko, Senin (12/2/2018).

Rencana awal sebenarnya ada 10 orang yang diproses, lanjutnya, namun hingga rencana keberangkatan tanggal 14 Februari hanya sembilan orang.

Dia mengatakan, sembilan warga negara Filipina itu merupakan eks anak buah kapal nelayan tradisional yang berbasis di Ambon, sama dengan lima orang yang sudah dipulangkan pada minggu terakhir bulan Desember 2017.

"Jadi sembilan warga Filipina ini juga merupakan sebagian dari 42 warga Filipina yang ditahan berdasarkan hasil pendataan atas kerja sama dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX/Ambon dibantu koramil dan polsek setempat di Kecamatan Baguala pada 13-14 Juni 2017," ujarnya lagi.

Mereka dipulangkan dengan pesawat udara melalui Bandara Internasional Pattimura, Ambon menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan selanjutnya menuju Filipina sampai selesai.

Dia mengatakan, proses pemulangan warga Filipina ini atas kerja sama dengan Kedutaan Filipina, sehingga biayanya juga ditangani pihak kedutaan, jadi tidak ada biaya dari IOM seperti biasanya. Tapi pihak kedutaan sendiri yang menangani proses pemulangan mereka.

"Hanya saja terkait pengawalan dari Ambon menuju Jakarta ditanggung Imigrasi Kelas I Ambon," ujarnya pula.

Ia menegaskan, Imigrasi Kelas I Ambon akan memproses pemulangan WNA asal Filipina itu sampai selesai sebanyak 42 orang sesuai dengan hasil pendataan atas kerja sama dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX/Ambon dibantu koramil dan polsek setempat di Kecamatan Baguala pada 13-14 Juni 2017. Berarti masih tersisa sekitar delapan orang lagi yang akan diusahakan pemulangannya.
Ambon 2739342757989921233
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang