Dinkes Ternate Antisipasi Wabah DBD dan Malaria | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dinkes Ternate Antisipasi Wabah DBD dan Malaria

BERITA MALUKU. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) terus melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi mewabahnya Demam Berdarah Dengue (DBD) dan malaria, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Ternate merupakan daerah endemis DBD dan malaria, jadi kemungkinan mewabahnya DBD dan malaria di daerah ini tetap ada, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini,"kata Kepala Dinkes Ternate, Fatiha Suma di Ternate, Rabu (14/2/2018).

Upaya yang dilakukan Dinkes Ternate untuk mencegah mewabahnya DBD dan malaria di daerah yang berpenduduk 200 ribu jiwa lebih ini, di antaranya terus menyosialisasikan pola hidup bersih kepada masyarakat.

Pola hidup bersih itu, kata Fatiha Suma, tidak hanya mengangkut kebersihan diri dan lingkungan rumah, tetapi juga lingkungan sekitarnya, terutama yang dinilai dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

Selain itu, Dinkes Ternate juga terus mendorong masyarakat untuk menanam tanaman pengusir nyamuk, seperti serei dan bunga lavender di lingkungan masing-masing serta secara periodik melakukan penyemprotan di lokasi yang dinilai menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

Ia mengatakan, berbagai upaya yang dilakukan tersebut sejauh ini cukup berhasil mencegah mewabahnya DBD dan malaria, ditandai dengan terus menurunnya kasus DBD dan malaria di daerah ini.

Tahun 2017 misalnya, kasus DBD dan malaria di Ternate jumlahnya hanya beberapa kasus, jauh menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai ratusan kasus, sementara pada 2018 ini belum ditemukan kasus kedua jenis penyakit itu.

"Kalau semua upaya itu bisa dipertahankan dan sepenuhnya didukung seluruh masyarakat di Ternate maka target Pemkot Ternate untuk menjadikan daerah ini sebagai daerah bebas DBD dan malaria pada 2019, diyakini akan terwujud,"katanya menambahkan.
Malut 748364739695777841

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang