Korem Babullah Beri Pelatihan Emas Biru Kepada Nelayan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Korem Babullah Beri Pelatihan Emas Biru Kepada Nelayan

BERITA MALUKU. Komando Resor Militer (Korem) 152/Babullah, Maluku Utara (Malut), menggelar pelatihan Emas Biru bagi pemberdayaan Kelautan dan Perikanan kepada para kelompok nelayan dan Babinsa se-Malut.

Siaran Pers Penrem 152/Babullah kepada media ini, Minggu (17/12/2017) menyebutkan, kegiatan pelatihan ini sengaja mendatangkan ASN Jefri yang telah sukses mengimplementasikan program Emas Biru, untuk itu diharapkan agar dirinya dapat menularkan kesuksesannya kepada kelompok nelayan di Maluku Utara.

Pelatihan Emas Biru sendiri mendatangkan langsung narasumber yaitu ASN Jefri Slamta, yang bersangkutan merupakan Aparatur Sipil Negara di Kodam XVI/Pattimura yang telah bergelut dengan Emas Biru yaitu budidaya keramba apung di Teluk Ambon sejak 2009 dengan modal seadanya bahkan pernah menggunakan jaring dan botol bekas sebagai pelampung.

Selain itu, dengan perjuangan panjangnya membuahkan hasil telah menikmati manisnya berkah Emas Biru terutama sejak program tersebut didukung oleh Kodam, saat ini dari keramba apungnya sekali panen bisa menghasilkan keuntungan Rp30 hingga Rp60 juta per bulan.

Tidak hanya itu berkat kesuksesannya, bahkan saat ini dia mampu untuk menyekolahkan anaknya di Fakultas Kedokteran di Ambon dan saat ini sudah semester VII.

"Sungguh pada awalnya saya tidak menyangka namun berkah kekayaan alam Maluku khususnya bidang kelautan dan perikanan dapat mengantarkan dirinya pada kesuksesan hingga saat ini," katanya.

Sementara itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Ternate, mencatat, permintaan jenis komoditas perikanan meningkat menyusul tingginya masyarakat Ternate konsumsi ikan.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Ternate, Chairul Saleh Arief ketika dikonfirmasi mengakui, ada beberapa jenis ikan mengalami kenaikan dalam minggu ke empat pada bulan Oktober 2017 dan dari beberapa jenis ikan yang mengalami kenaikan adalah Cakalang Besar yang pada minggu mencapai perekor sebesar Rp 250,000 dari harga sebelumnya Rp 100,000 atau mengalami kenaikan berkisar Rp150,000.

Selain itu, juga cakalang kecil yang pada minggu lalau perekornya hanya Rp 20.000 perekor sekarang mengalami kenaikan hingga Rp 30,000 perekor atau mengalami kenaikan berkisar Rp 10.000.

Namun, untuk jenis ikan yang lain pada minggu ini masih tetap diharganya yang sama, seperti Cakalang Sedang yang perekor Rp 70,000, Ikan Dasar per Kg mencapai Rp 40,000, Teri Besar per kg seharga Rp 50,000.

TNI-Polri 1712259556539940299

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang