BMKG Imbau Warga Waspadai Cuaca Buruk di Perairan Ternate | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BMKG Imbau Warga Waspadai Cuaca Buruk di Perairan Ternate

BERITA MALUKU. Badan Meteorologi, Kilimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate, meminta agar warga dari dan ke Ternate untuk mewaspadai tingginya gelombang akibat cuaca buruk di perairan Ternate dan sekitarnya beberapa hari ke depan.

"Kami mengimbau warga, terutama yang menggunakan kapal berukuran kecil untuk mewaspadai cuaca buruk yang terjadi di perairan Pulau Halmahera," kata Prakirawan Cuaca BMKG Kota Ternate, Vianca Adjie D Putra di Ternate, Sabtu (16/12/2017).

Dia mengatakan, terbentuknya awal konvektif yang berpotesi meningkatkan awal cumulonimbus yang menghasilkan hujan dengan intensitas sangat lebat diikuti dengan angin kencang di sejumlah wilayah di Malut.

Sedangkan, sesuai catatan BMKG, kecepatan angin di wilayah Malut mencapai 20 Knot per jam dengan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter terutama di wilayah Kabupaten Halmahera Utara dan Pulau Morotai.

Untuk itu, Vianca mengimbau para nelayan dan kapal cepat berukuran kecil harus mewaspadai tingginya gelombang, terutama di perairan Ternate, Pulau Halmahera dan Kepulauan Sula dalam sepekan terakhir.

Dia mengatakan, tingginya gelombang tersebut diakibatkan oleh adanya angin kencang dari arah timur barat laut dengan kecepatan 40-50 km/jam.

Selain itu, dirinya juga meminta agar jalur yang perlu diwaspadai terdapat pada lintasan Ternate-Bitung dan Halut-Pulau Morotai, dimana, jalur ini pada saat terjadi cuaca ekstrim maka akan berpotensi terjadi gelombang tinggi.

Apalagi, untuk saat ini, yang perlu diwaspadai sesuai dengan yang disampaikan oleh BMKG untuk lintasan Ternate-Bitung, karena diketahui dalam beberapa hari ini, tinggi gelombang sangat mengganggu aktivitas berlayar dari Ternate tujuan Bitung maupun Bitung-Ternate.).

Sebelumnya, sejumlah warga Ternate enggan untuk berlayar dari Ternate ke berbagai kabupaten lainnya di Malut, menyusul cuaca ekstrim disertai tingginya gelombang tinggi di sekitar laut Ternate.

Salah seorang calon penumpang Ternate-Jailolo, Astriani ketika dikonfirmasi mengakui, pembatalan untuk berangkat ke Jailolo karena cuaca yang tidak baik disertai angin kencang, sehingga dikhawatirkan terjadi musibah saat berlayar.

Sebelumnya, BPBD Kota Ternate menyatakan telah mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrim dengan melakukan sosialisasi dini menghadapi bencana bagi warga yang bermukim di daerah rawan bencana.
Malut 6871614986638727538
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks