Warga Dusun Waezoar Bursel Bakal Terima Bantuan 10 Unit BSPS | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Warga Dusun Waezoar Bursel Bakal Terima Bantuan 10 Unit BSPS

BERITA MALUKU. Masyarakat yang mendiami Dusun Waezoar, Desa Waelikut, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) masih ada yang mendiami rumah tak layak huni. Olehnya itu, mereka akan mendapatkan bantuan sebanyak 10 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2018.

Hal tersebut disampakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kasawan Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (KP3) Kabupaten Bursel, Melkior Solissa ketika menyampaikan sosialisasi tentang BSPS kepada warga Jemaat GPM Waezoar, Senin (13/11/2017).

Kegiatan sosialisasi ini diprakarsai oleh AMGPM Ranting Talitakumi Labuang, Cabang I Talitakumi, Daerah Bursel.

“Untuk tahun 2018 nanti kita berikan dulu 10 unit BSPS kepada masyarakat di Dusun Waezoar ini sebagai langkah awal,” ujar Solissa.

Dikatakan bahwa pada tahun 2018, Bursel dijatahi lagi bantuan BSPS dengan nilai pagu sekitar Rp5,8 miliar. Dan dibandingkat tahun 2017, tahun  2018 ini nilainya lebih sedikit, sebab tahun sebelumnya itu nilainya Rp6 miliar lebih dengan jumlah 400-an unit rumah.

“Pada tahun 2018 kita diberikan anggaran Rp5,8 miliar dan jumlahnya 389 unit BSPS yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK),” jelas Solissa.

Lanjutnya, pada 2018, penyebaran BSPS itu akan tersebar di Kecamatan Waesama, Kecamatan Ambalau dan Kecamatan Fena Fafan.

Menurut Solissa, terkait dengan BSPS ini, pihaknya berharap dari masyarakat dapat memenuhi berbagai persyaratan yang telah diisyaratkan diantaranya, kepemilikan lahan atau lahannya tidak bermasalah dan memiliki KTP dan juga Kartu Keluarga (KK).

Ketua Ranting Maranatha Waezoar, Brury Latuwael mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh AMGPM Ranting Talitakumi Labuang dengan menghadirkan Pemda Bursel yakni Plt Kadis KP3 Kabupaten Bursel itu.

Latuwael berharap ke depannya bantuan-bantuan seperti BSPS tak hanya sebatas untuk 10 unit saja, tetapi bantuan serupa akan berkelanjutan mengingat di daerah tersebut masih banyak masyarakat yang memiliki rumah tak layak huni.

Pantauan media ini, dalam kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan AMGPM Ranting Talitakumi Labuang, dipandu oleh Ketua Ranting Talitakumi Labuang Melky Solissa, dihadiri Ketua Majelis Jemaat GPM Waezoar Pdt. Sam Sigmarlatu, Pdt. Jems Latuwael, Ketua AMGPM Cabang I Talitakumi Jemy Liligoly, Sekretaris AMGPM Cabang I Talitakumi Elvis Lahallo, mantan Ketua AMGPM Cabang I Talitakumi Naldy Solissa, Ketua GAMKI Kabupaten Bursel Leksi Sigmarlatu dan sejumlah pemuda lainnya.

Selain sosialisasi tentang BSPS, pemuda gereja Ranting Talitakumi Labuang ini memberikan bantuan pendidikan berupa puluhan buku tulis maupun alat tulis berupa pena kepada puluhan anak sekolah yang ada di dusun tersebut. (Le)
Daerah 4323337002609634172

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang