Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Latih 121 Mahasiswa Keperawatan Masohi | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Latih 121 Mahasiswa Keperawatan Masohi

BERITA MALUKU. Tim Evakuasi Medis Laut (EML) Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon melatih sebanyak 121 orang Mahasiswa Tingkat III Program Studi Keperawatan Masohi, berlangsung di laut belakang Gedung Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Lantamal IX Ambon, Rabu (15/11/2017).

Latihan yang dilaksanakan yakni evakuasi medis secara perorangan dan secara kelompok dengan menggunakan tandu air.

Kepala Rumah Sakit TNI AL (Karumkital) dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon Letkol Laut (K) dr. Ali Setiawan, Sp.B, dalam sambutannya mengharapkan kegiatan Latihan Evakuasi Medis Laut oleh mahasiswa ini berlangsung dengan sebaik – baiknya.

"Dengarkan apa saja yang diarahakan oleh pelatih karena pelaksanaan tidak di kolam renang melainkan ditempat yang sesungguhnya yaitu di laut. Apabila ada mahasiswa yang tidak bisa berenang jangan memaksakan diri untuk mengikuti kegiatan, cukup melihat dan memperhatikan pelaksanaan latihan, utamakan keselamatan dan keamanan masing – masing," kata Karumkital.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa didalam pertolongan ini bukan dimaksudkan untuk memberikan pengobatan melainkan suatu usaha berupa pemindahan dari laut ke tempat yang lebih aman untuk mendapatkan penanganan awal dan lanjutan.

Latihan evakuasi medis ini dibagi menjadi 5 tim, dimana 1 tim terdiri dari 4 orang penolong dan 5 orang pembantu.

Sebelum pelaksanaan Latihan Evakuasi Medis di Laut seluruh mahasiswa juga diberikan materi pengenalan tentang Hiperbarik Oksigen di Gedung Hyperbarik Pulau Pombo Rumkital dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX sebagai penanganan lanjutan korban tenggelam. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 5658417854033403767
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks