Tim Emas Biru Kodam Pattimura Panen Ikan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Tim Emas Biru Kodam Pattimura Panen Ikan

BERITA MALUKU. Tim Emas Biru Kodam XVI/Pattimura dan beberapa nelayan binaan melaksanakan panen ikan di Desa Pelita Jaya, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, Kamis (16/11/2017).

Siaran pers Pendam Pattimura menyebutkan, kegiatan panen diprioritaskan di Keramba Jaring Tancap (KJT) dan memperoleh hasil antara lain Kerapu Cantang sebanyak 355 ekor dengan berat rata-rata 1-5 Kg, dan berat seluruhnya 573,5 Kg dengan usia sampai panen sekitar 1,9 tahun.

Selain itu, Kerapu Cantik sebanyak 264 ekor dengan berat rata-rata 0,5-1 Kg sehingga berat seluruhnya 167,5 Kg dengan waktu panen kurang lebih satu tahun.

Setelah dipanen, di keramba masih tersisa sekitar 560 ekor dengan berat 3-4 ons yang akan terus dibudidayakan, sehingga pada saatnya untuk dipanen nanti bisa dipeoleh hasil yang sesuai dan menguntungkan bagi kelompok nelayan binaan Emas Biru.

Di samping keramba yang terdapat di Pelita Jaya, panen ikan juga dilaksanakan di Keramba OSM di Kota Ambon.

Keramba yang terdapat di OSM itu milik PNS Jefri, seorang Pegawai Negeri Sipil yang berdinas di Kodam XVI/Pattimura dan menjadi koordinator budidaya ikan Program Emas Biru Kodam XVI/Pattimura yang telah digalakkan sejak September 2015.

Dari hasil panen tersebut diperoleh Kerapu Cantik sebanyak 890 ekor dengan berat 0,5-0,7 kg sehingga berat keseluruhan sebesar 421 kg dengan usia panen 11 bulan, sedangkan Kerapu Cantang yang dihasilkan sejumlah 884 ekor dengan berat 5-7 kg dan jumlah seluruhnya mencapai 475 Kg dengan usia panen 8 bulan.

Selain itu, di OSM juga terdapat Keramba Jaring Apung (KJA) kelompok budidaya dengan memanfaatkan botol bekas.

Kelompok budidaya itu juga merupakan binaan Emas Biru dan Perikanan. Kelompok ini membudidayakan Kerapu Cantik dan Bubara.

Ikan dari hasil panen tersebut rencananya akan dijual kepada investor di Hong Kong dengan harga jual rata-rata Rp75.000 per kilogram.

Memuaskan Program Emas Biru yang telah digalakkan sejak tahun 2015 telah membuahkan hasil berupa panen ikan yang begitu memuaskan bagi tim budidaya.

Panen ikan yang ada di Keramba Kodam yang tersebar di wilayah Maluku dan Maluku Utara telah dilaksanakan beberapa kali dan hasilnya cukup menguntungkan.

Keramba Kodam XVI/Pattimura yang tersebar di wilayah Maluku dan Maluku Utara berupa KJA, KJT, Keramba Teluk dan Keramba Darat yang digunakan untuk membudidayakan berbagai macam ikan seperti Kerapu, Kakap Putih, dan Bubara, yang saat ini telah tumbuh besar dan siap untuk dipanen.

Keramba Kodam yang terdapat di Wilayah Maluku salah satunya terdapat di Wilayah Seram Bagian Barat( SBB) tepatnya di Desa Pelita Jaya. Keramba tersebut berupa KJA sebanyak empat unit yang terbagi dalam 16 kotak, dan KJT sebanyak 14 unit.

TNI-Polri 4576625590790806057
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks