RSUD Namrole Bakal Naik Tipe C | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

RSUD Namrole Bakal Naik Tipe C

BERITA MALUKU. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel|) bakal naik tingkat dari tipe D menjadi rumah sakit tipe C. Menyambut kenaikan akreditasi ini membuat RSUD Namrole mulai mempersiapkan diri.

Direktur RSUD Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Sabaha Patta kepada Berita Maluku Online, Senin (13/11/2017) mengatakan, saat ini pihaknya telah membenahi diri untuk menjemput kenaikkan akreditasi tersebut. Dan diharapkan pada tahun 2018 tipe C sudah berada di genggaman RSUD Namrole.

Dia mengatakan, sejak perpindahan pelayanan rumah sakit dari tempat yang lama ke rumah sakit yang baru, semua fasilitas dan pelayanan sudah dinilai bagus dan mengalami peningkatan, apalagi RSUD Namrole sudah mendapat sejumlah tenaga dokter spesialis pada setiap tempat untuk menjawab kebutuhan pelayanan medis, diantaranya, terdapat dokter spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit anak dan kandungan selain dokter umum, walaupun dokter ini masih perlu ada penambahan. Untuk itu, rumah sakit ini harus menjadi tipe C.

Selain itu, lanjut Patta, menyangkut persolan listrik, air dan sanitisa di RUSD Namrole juga sudah terpenuhi seluruhnya, tak seperti beberapa waktu sebelumnya.

“Sementara menyangkut kekurangan lainnya akan kita benahi pada tahun 2018, juga termasuk penambahan dokter spesialis bedah dan anastesis untuk melengkapi,” jelasnya.

Dikatakan, tahun 2017 ini pihaknya belum memiliki dokter spesialis anastesis dikarenakan kamar bedah belum selesai dibangun dan sedang dalam tahap pekerjaan.

“Tapi mungkin dalam tahun ini juga sudah rampung 100 persen,” kata Patta.

Kendati begitu, dia katakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Pemda setempat untuk mengadakan tenaga dokter kontrak dan sejumlah tenaga medis lainnya untuk menambah jumlah tenaga dokter yang telah tersedia.

“Apakah itu bidan, analis, apoteker, radiologi. Terutama juga yang tidak kalah penting adalah cleaning cervice dan satpam,” jelas Patta.

Tambah Patta, jumlah dokter umum sesuai jumlah ruangan minimal 5 orang, dan tenaga bidan dan mantra kurang lebih 100 orang yang masih dibutuhkan. Terhadap kebutuhan Alkes, jelas Patta belum terpenuhi secara keseluruhan.

“Tetapi dengan alokasi Dana Khusus (DAK) untuk tahun 2018 itu saya kira sudah cukup untuk antisipasi masalah kesehatan,” ujar Patta.

Patta menegaskan, harus ada dukungan penuh dari Pemda dalam menganggarkan pendanaan.

“Kalau kita harapkan dari DAK, itu kan sudah ada Juknis tersendiri, justru itu kita harus minta bantuan dari pemda,” harapnya.

Patta menambahkan bahwa RSUD Namrole saat ini masih Tipe D.

“Tipe C itu harus lebih dari 2 spesialis dasar, kita sudah lebih dari 2. Syaratnya sudah kita penuhi, tahun depan kalau 5, kita akan ajukan ke pemda untuk keputusan bupati untuk tipe rumah sakit ini,” jelas Patta. (LE)
Kesehatan 4539702861144895359

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang