Harga Cabai di Ambon Bervariasi | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Harga Cabai di Ambon Bervariasi

BERITA MALUKU. Harga cabai rawit yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon masih bervariasi dan tergolong mahal walaupun stok cukup banyak.

Di Pasar Mardika dan Batu Merah, Minggu (15/10/2017), para pedagang menawarkan harga cabai rawit Rp45.000 hingga Rp50.000/kg, sedangkan eceran Rp7.000/cupa (cupa ukuran satu kaleng susu kental manis cap Nona), dan Rp5.000/tumpuk kecil, sedangkan cabai keriting masih tetap stabil Rp45.000/kg.

Harga cabai masih bagus, sebab stok cukup banyak hanya saja patokan harga yang diterapkan pedagang tidak merata, masih bervariasi, kata Rius, pedagang setempat.

"Hal itu sudah dianggab biasa, sebab pembelian dari para petani lokal juga harga tidak merata menyebabkan harga eceran yang dipatok juga tidak merata," ujarnya lagi.

Namun sejak akhir bulan September sampai sekarang tidak ada perubahan harga cabai yang naik melewati Rp50.000 per kg, padahal sebelumnya harganya pernah mencapai Rp120.000/kg pada saat cabai rawit menghilang di pasar.

Marta, seorang ibu rumah tangga yang bermukim di kawasan Kadewatan yang ditemui saat membeli cabai rawit dua kilogram untuk keperluan sebagai pengelola warung makan mengatakan, harga cabai masih mahal walaupun terlihat merata.

"Cabai rawit kalau dikatakan murah itu harganya berkisar antara Rp25.000 hingga Rp30.000 per kg, tetapi sekarang ini harga masih di atas Rp40.000 per kg, jadi masih tergolong mahal," ujarnya pula.

Namun walaupun mahal, dia tetap harus membeli sebab untuk keperluan usaha warung makan di tepi jalan yang dikelolanya.

Kenaikan harga cabai tidak diikuti harga bawang yang hingga kini terus bergerak turun hingga mencapai Rp26.000/kg untuk bawang merah, dan bawang putih Rp28.000/kg.

Amina, pedagang bawang di pintu masuk Pasar Mardika yang ditemui mengatakan, bawang sekarang ini cukup banyak, harga juga murah, tinggal memilih buah bawang yang besar atau kecil harganya sama saja.

"Tinggal dipilih saja, bawang merah maupun bawang putih kelihatannya baru semua, baru selesai panen, sedangkan harga eceran Rp5.000 per tumpuk kecil," ujarnya lagi.

Terserah pembeli mau beli yang mana, lanjutnya, mau ukuran kiloan atau eceran silakan karena stok cukup banyak.

Sedangkan harga tomat juga turun tajam hingga mencapai Rp12.000 hingga Rp14.000/kg, bumbu masak lain seperti jahe, lengkuas, kunyit rata-rata Rp5.000/ikat kecil.
Ekonomi 896167756577601589
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks