Wali Kota Ambon Minta ASN Kurangi Perjalanan Dinas | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Wali Kota Ambon Minta ASN Kurangi Perjalanan Dinas

BERITA MALUKU. Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Ambon untuk mengurangi perjalanan dinas dalam bentuk studi banding ke luar daerah.

"Saya minta mulai saat ini perjalanan dinas dalam bentuk studi banding dikurangi tetapi dilakukan studi tiru apa yang telah dilakukan kota lain sebagai bahan bandingan," katanya di Ambon, Senin (21/8/2017).

Menurut dia, kebijakan tersebut sesuai dengan permintaan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Kemendagri menilai perjalanan dinas yang sering dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah kurang maksimal, karena lebih berorientasi pada jalan-jalan.

"Sesuai kebijakan pemerintah pusat kita harus mengurangi perjalanan dinas ke luar daerah, tetapi kedapan kita melakukan sistem amati, tiru dan modifikasi (ATM) disesuaikan dengan kondisi daerah," ujarnya.

Richard menjelaskan, pembangunan daerah lain di Indonesia tidak berbeda jauh dengan Kota Ambon, yang terpenting bagaimana ASN menerapkan apa yang telah dilakukan sebelumnya.

"Yang harus dikedepankan adalah study tiru, yakni bagaimana kita melihat daerah yang telah maju dari Ambon, dan meniru proses pembangunan mereka tanpa harus ke luar daerah setiap saat," katanya.

Pengalaman membuktikan, saat pelaksanaan studi banding hanya dilakukan satu hingga dua hari tetapi selebihnya digunakan untuk kepentingan pribadi dan keluarga.

"Setelah kembali dari perjalanan dinas tidak ada yang dilakukan guna pengembangan kota ini, karena itu seluruh ASN diharapkan dapat belajar dari keberhasilan kota lainnya terutama dalam penguasaan informasi teknologi, sehingga kita tidak tertinggal," tandasnya.

Ia menambahkan, kunci sukses pembangunan kota adalah penguasaan IT dan perbaikan SDM, karena itu kedepan penguasaan IT menjadi prioritas pemerintah sehingga Ambon bisa bersaing dengan kota lainnya di Indonesia.

"Dalam filosofi pengelolaan pemerintahan tidak dilihat lagi mana kota yang kaya dan miskin, mana kota kecil dan besar, tetapi siapa yang cepat dan lambat dalam proses pembangunan," kata Richard.
Ambon 5037678445987103110

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang