Pangdam Pattimura Dampingi Menteri BUMN Kunjungan Kerja ke MBD | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pangdam Pattimura Dampingi Menteri BUMN Kunjungan Kerja ke MBD

BERITA MALUKU. Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo mendampingi Menteri BUMN Republik Indonesia, Rini Soemarno yang melaksanakan kunjungan kerja dan pemberian Bantuan dari Kemenerian BUMN kepada Warga Masyarakat yang ada di Perbatasan NKRI- Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) yaitu Pulau Lirang, Wetar dan sekitarnya, Maluku Barat Daya, Senin (7/8/2017) kemarin.

Siaran pers Pendam XIV/Pattimura yang diterima media ini, Selasa (8/8/2017) menyebutkan, rombongan yang turut dalam kunjungan kerja itu antara lain, Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Kapolres MBD, Muspika MBD, Danrem 151/Binaya, Kolonel Inf Christian Kurnianto Tuhuteru, Dandim 1507/Saumlaki, Letkol Inf Ryan Hermawan, Ketua adat Ds. Ustutun (Lucash Mabaha), Danramil 1507-06/Wetar, Kapten Inf H.Tarobat dan Kapolsek Wetar, Ipda Christian Ahab.

Kegiatan dimulai dengan peresmian Tugu Merah Putih oleh Menteri BUMN, Pangdam XVI/Pattimura, Wakil Gubernur Maluku dan Upacara Penaikan Bendera merah putih dipimpin oleh Dandim 1507/Saumlaki Letkol Inf Ryan Hermawan di Dusun Manoha.

Rombongan kemudian menuju SD dan SMKN Perikanan dan Kelautan Dusun Manoha, di SMKN Perikanan untuk memberikan sejumlah bantuan berupa sumbangan alat-alat tulis, baju seragam sekolah, Infokus, Printer, Bola Volly dan Bola Kaki.

Rombongan juga meninjau pemasangan Broadband Learning Center (BLC) dan melepas Siswa SMK untuk melanjutkan pendidikan siswa Nusantara ke Jogjakarta yang merupakan Program Bantuan dari Bank Mandiri. Rombongan selanjutnya meresmikan Tugu Kode Pos Wetar Barat dan peresmian BTS Combet Telkomsel yang ditandai dengan pemotongan pita oleh menteri BUMN.

Menteri BUMN dan rombongan mengadakan tatap muka dengan toga, toda dan toma yang ada di Dusun Ustutun, bertempat di Lapangan Bola Kaki Desa Ustutun.

PENGIBARAN 1000 BENDERA MERAH PUTIH

Sementara itu, Hendrik Mabala, Kepala pemuda Dusun Utsusun mengapresiasi kegiatan pengibaran 1.000 bendera merah putih di Pulau Lirang yang berbatasan langsung dengan Negara RDTL dapat terlaksana dengan baik.

"Inilah hakikat bangsa dan bernegara yang menjaga dan menjamin keutuhan Bangsa Indonesia.," kata Hendrik

Kegiatan pengibaran 1.000 bendera merah putih tersebut dapat terlaksana dengan baik atas bantuan serta dukungan dari Menteri BUMN, Pangdam XVI/Pattimura, Danrem 151/Binaiya, Dandim 1507/Saumlaki, Ketua DPRD MBD dan seluruh lapisan masyarakat.

Pasca pengibaran bendera merah putih, juga dimanfaatkan Hendrik untuk menyampaikan sejumlah aspirasi masyarakat Pulau Wetar dan Lirang, kepada Pemerintah.

"Kita minta presiden datang ke Pulau Wetar dan Lirang. Kami minta, pembangunan infrastuktur jalan lingkar Wetar dan Lirang, pemberdayaan masyarakat baik nelayan maupun petani, akses air bersih di seluruh kecamatan wetar. Fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang profesional (dokter minimal dua tersebar di seluruh empat Kecamatan Wetar. Kami minta pembangunan sarana komunikasi, tempat penampung ikan (TPI) yang ada di desa Klishatu segera difungsikan demi tercapainya kesejahteraan bagi Masyarakat yang ada di perbatasan, pemasangan fasilitas penerangan di Pulau Wetar dan Lirang."

"Kami juga minta diberikan kesempatan seluasnya bagi pelajar untuk mengambil bagian dalam proses bela Negara ABRI dan POLRI. Sebelum tower permanen dibangun, maka tower ini tidak boleh dikeluarkan dari Pulau Lirang kecamatan Wetar Barat. Kami harap pemenuhan 9 bahan pokok sembako di Pulau-Pulau terluar dan terbatas lebih khusus di Pulau Wetar dan Pulau Lirang. Kami minta pembangunan satu lapangan terbang berskala maskapai perintis. Rumah sakit terapung berupa speed boad cepat yang memadai yang di dalamnya terdapat fasilitas medis. Bank di semua Kecamatan Wetar. Pertamina di Pulau Lirang kecamatan Wetar barat. Pembangunan jembatan di desa Arwala Kecamatan Wetar Timur, Dermaga lirang secepatnya harus diselesaikan karena sudah dari tahun 2009, 2010 hingga saat ini belum selesai. Renofasi tempat ibadah (gereja) di Jemaat GPM Ustutun dan Pembangunan gereja di Ilmamau,” pinta Hendrik.

Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahaburua dalam sambutannya mengajak semua yang hadir memekik "Merdeka" dan sambutan salam Persaudaraan "Kalwedoo."

"Hari ini kita hadir di Pulau Lirang untuk menancapkan bendera merah putih di Tapal Batas NKRI pertanda kedaulatan kita jaga, kita mempertahankan Negara Republik Indonesia. Kita datang dari berbagai suku bangsa dan agama tetapi kita tetap satu Negara Indonesia,” ujar Sahuburua.

Bupati MBD, Barnabas Orno mengapresiasi kehadiran menteri BUMN yang telah memberikan bantuan-bantuan untuk meringankan beban pemerintah daerah.

"Maluku Barat Daya hampir dibingkai oleh perbatasan Timor Leste mulai dari Lirang dan Wetar sedangkan Letti, Moa, Lakor, Babar dan Luang Sermatang berbatasan dengan Australia. Masalah Cuaca dan Transportasi menjadi Kendala terbesar di Kabupaten MBD tapi Anggaran dan APBD juga menjadi kendala terbesar pula dalam memajukan dan mensejahterakan Warga, untuk itu dengan kehadiran Ibu Menteri, kami berharap agar BUMN dapat memberikan perhatian kepada Masyarakat yang ada di MBD," ungkap Orno.

Orno juga mengapresiasi serta berterima kasih kepada Pangdam Pattimura karena Jasa Pangdam dan Menteri bisa datang di Pulau Lirang.

"Dalam sejarah Kemerdekaan RI ini, baru pertama kalinya Pejabat Pemerintahan datang dan berkunjung ke Pulau Lirang,” ujar Bupati dua periode itu.

Menteri BUMN Ibu Rini Soemarno dalam sambutannya mengapresiasi sambutan sangat masyarakat MBD maupun Mahasiswa dan Mahasiswi, BUMN sebagai Badan usaha milik negara yang ingin membantu kesulitan-kesulitan dan membangun Infrastruktur, khusus nya Daerah Pulau terluar.

“Saya berharap Pulau Lirang Kedepannya menjadi lebih maju dan lebih sejahtera. Karena saat ini Pulau Lirang telah dijangkau dan telah dipasang PLN, Terkomsel, Kode Pos, BRI dan Transportasi dari PELNI,” ujar Rini.

Sementara acara tatap muka Menteri BUMN dengan masyarakat MBD diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan dari Kementrian BUMN kepada Masyarakat Pulau Lirang dan dilanjutakan dengan makan Patita bersama.
TNI-Polri 5021384532553501218
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks