Bupati Malteng Canangkan Jalan Pattimura Masohi Kawasan Car Free Day | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bupati Malteng Canangkan Jalan Pattimura Masohi Kawasan Car Free Day

BERITA MALUKU. Bupati Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua, secara resmi melakukan pencanangan dan penetapan kawasan Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan di jalan Pattimura, Masohi, Malteng, Minggu (13/8/2017).

Pencanangan dan Penetapan CFD merupakan sebuah langkah maju yang dilakukan Pemda Malteng dibawah kepemimpinan Bupati Tuasikal Abua, dalam memberikan ruang kenyamanan bagi setiap masyarakat yang hendak melakukan aktifitas olah raga, agar terbebas dari kendaraan bermotor dan jauh dari kontaminasi polusi yang diakibatkan oleh aktifitas kendaraan bermotor.

Pada setiap hari Minggu, sepanjang jalan Pattimura, mulai dari depan Patung Soekarno sampai Bundaran Kota Masohi, menjadi kawasan Car Free Day, yang berlaku dari pukul 06.30 Wit sampai pukul 09.30 Wit.

Untuk menghalangi kendaraan bermotor melewati area CFD, lokasi tersebut akan dijaga ketat oleh anggota Polres Malteng, Satpol PP dan pihak perhubungan.

"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dan upaya serius dari Pemerintah Daerah dalam mendaptakan suasana Kota Masohi yang nyaman dengan memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk menghirup udara segar tanpa polusi akibat emisi gas buangan kendaraan bermotor. Juga membuka ruang gerak yang luas dan bebas bagi masyarakat yang hendak melaksanakan olahraga maupun aktifitas lainnya di sekitar pusat kota, Khusnya kawasan Jalan Pattimura," ungkap Bupati Saat memberi sambutan dalam pencanangan tersebut.

Bupati mengatakan, CFD ditetapkan dengan tujuan selain untuk mewujudkan masyarakat yang sebat, CFD juga dapat menjadi media sosialisasi kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor agar mengurangi dampak efek pemanasan global yang berbahaya bagi kehidupan, sekaligus mengurangi pemanfaatan BBM yang berarti adanya penghematan belanja rumah tangga terhadap bahan bakar minyak.

"Dengan demikian, melalui penetapan Kawasan Hari Bebas Kendaraan bermotor, masyarakat Kota Masohi bisa melakukan aktifitas pagi di sepanjang kawasan ini dengan jalan santai, senam tobelo, senam zumba, bersepatu roda dan bersepeda, dengan aman dan nyaman karena tidak merasa terganggu dengan adanya kendaraan bermotor yang akan metintas di kawasan tersebut," jelas Bupati.

Sejalan dengan itu, Bupati berharap dan kerja sama yang baik untuk mensukseskan kegiatan mingguan tersebut.

"Kepada jajaran Polres Maluku Tengah, saya berharap kiranya dapat memberikan dukungan dan partisipasinya untuk mensukseskan Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada setiap hari minggu," singkatnya.

Kegiatan itu turut dihadiri Kapolres Malteng, AKBP Raja Ahthur Lumongga Simamora, Komandan Kodim 1502/Masohi, Letkol Inf Achmad Fikri Dalimunthe, Danyon 731/Kabaresi, Mayor Inf. Rahmad Saerodin. Selain itu juga tampak hadir, Pimpinan BUMN dan BUMD, Pimpinan SKPD dalam lingkup Pemda Kabupaten Maluku Tengah, pejabat Sipil, TNI dan POLRI, Pimpinan Organisasi perempuan, organisasi kemasyarakatan, pegawai Lingkup SKPD, pelajar dan masyarakat Kota Masohi.
Malteng 2636159600357257901

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang