Tim SAR Evakuasi 17 Penumpang Kapal DR Dermawan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tim SAR Evakuasi 17 Penumpang Kapal DR Dermawan

Ilustrasi
BERITA MALUKU. Tim SAR Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil mengevakuasi 17 penumpang Kapal Rumah Sakit Apung (RSA) Dr Lie Darmawan yang mengalami kebocoran di perairan Pulau Batang Dua pada Kamis (20/7/2017).

Kepala Basarnas Ternate, Mustari di Ternate, Kamis (20/7/2017), mengatakan, seluruh penumpang telah dievakuasi dan lima kru ABK lainnya masih tetap bertahan dan tidak mau meninggalkan kapal tersebut.

Menurut dia, sebanyak 17 korban dari MV Great Song ke KN SAR Pandudewanata Kapal Rumah Sakit Apung Dr Lie Darmawan akibat mengalami mati mesin dan kebocoran kapal di Koordinat 01' 1,852' N / 126' 47,597' E atau sekitar 40 mil barat daya Pulau Ternate.

Saat itu, Basarnas Ternate menerjunkan 11 personelnya dibantu anggota Polair Polda Malut sebanyak 7 orang menuju ke Batang Dua dalam kondisi cuaca hujan deras.

Saat itu, KN SAR Pandudewanata telah merapat ke MV. Great Song dan langsung melakukan proses pemindahan 17 korban ke atas KN. SAR Pandudewanata.

Bahkan, Poskodal Basarnas Ternate meminta bantuan KP Gamalama milik Polda Malut dan KAL. Tidore Lanal Ternate guna membantu evakuasi 5 crew ABK yang bersikeras bertahan di kapal RSA.

Kendati demikian, kata Mustari, personel di KN SAR 237 Pandudewanata masih memantau lima ABK yang berada di atas kapal RSA yang bocor untuk selanjutnya diserahkan ke KAL Tidore.

"Setelah tiba di Ternate, 17 penumpang yang selamat menuju RSUD Chasan Boesoerie untuk diberikan perawatan lebih lanjut.

Sedangkan, Kadinkes Kota Ternate, Fathiyah Suma membenarkan para tenaga medis tersebut melakukan kegiatan kemanusiaan melalui pelayanan kesehatan secara gratis bagi masyarakat di Pulau Mayau, kecamatan Batang Dua.

Tim medis relawan yang berasal dari Jawa, Sulawesi dan Papua melakukan kegiatan kemanusiaan di pulau Mayau dan mereka sudah berada di Ternate.
Malut 8966527975141801461

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang