Pimpin Upacara Awal Juli, Pangdam: Aksi Teror Bisa Terjadi Kapan Saja | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Pimpin Upacara Awal Juli, Pangdam: Aksi Teror Bisa Terjadi Kapan Saja

BERITA MALUKU. Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menyatakan aksi teror sekarang ini bisa terjadi setiap saat dan di mana saja.

"Aksi terorisme sekarang ini tidak mengenal tempat, agama dan waktu. Masjid, gereja, hotel, perkantoran dan markas kepolisian pun sudah menjadi target serangan mereka," katanya di Ambon, Senin (3/7/2017).

Pangdam menyatakan hal tersebut dalam amanatnya saat memimpin upacara awal bulan Juli yang diikuti oleh seluruh personel baik militer maupun PNS di Makodam XVI/Pattimura.

Menurut Pangdam, para teroris juga tidak segan untuk mengincar instansi militer sebagai sasaran serangannya.

"Untuk itu saya tekankan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura agar selalu meningkatkan kewaspadaan melalui deteksi dan cegah dini. Berdayakan Intel/Ter dan mitranya serta masyarakat, tingkatkan pengamanan pangkalan, maksimalkan petugas dinas dalam, evaluasi masalah lingkungan asrama, pintu-pintu masuk dan sistem keamanannya," katanya tegas.

Pangdam mengungkapkan, secara umum perayaan Idul Fitri 1438 H berlangsung aman dan kondusif, namun ada catatan penting yang harus menjadi perhatian bersama.

Beberapa peristiwa yang disebutkan antara lain penyerangan terhadap Pos Penjagaan Mapolda Sumatera Utara di Medan oleh sekelompok orang pada dini hari menjelang hari raya, mengakibatkan gugurnya satu anggota Polri dan satu orang pelaku penyerangan tewas.

Kemudian, aksi teror di Polsek Bolo, Bima oleh OTK yang meninggalkan tiga busur panah dan satu ketapel. Satu hari kemudian, aksi ancaman dan penyerangan juga terjadi di Pos Penjagaan Polres Dompu, namun pelaku dapat diamankan.

Menjelang HUT ke-71 Polri, di Masjid Falatehan yang berjarak kurang lebih 250 meter dari Mabes Polri terjadi aksi penusukan terhadap dua anggota Brimob usai sholat Isa, dan pelakunya tewas ditembak aparat.

Pangdam Doni lebih jauh menyampaikan situasi dan kondisi keamanan di Filipina, khususnya di Kota Marawi, dimana militer negara tersebut terus menggempur kelompok Maute pro-ISIS.

Hal tersebut, kata dia, tentu akan menimmbulkan efek domino terhadap situasi dan kondisi keamanan Indonesia.

"Mereka akan melarikan diri ke daerah yang aman, dan tidak menutup kemungkinan menuju ke wilayah Indonesia," kata Pangdam.

Di wilayah Kodam XVI/Pattimura, lanjutnya, yang paling mungkin adalah di Maluku Utara, khususnya wilayah Kabupaten Halmahera Utara.

"Kelompok itu kemungkinan juga akan melarikan ke Taliabu dan Pulau Buru, melalui ALKI 3. Untuk itu saya mengajak seluruh prajurit untuk lebih memaksimalkan deteksi dini terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di wilayah," katanya.

"Sebarkan juga kepada seluruh keluarga besar TNI karena masih ada beberapa wilayah yang tidak terjangkau oleh prajurit kita. Bila melihat dan mengetahui ada yang aneh dan tidak seperti biasanya segera laporkan kepada aparat koramil ataupun Pos TNI terdekat untuk diambil langkah-langkah penanganannya," tambahnya.
TNI-Polri 1896572303811542397
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks