76 Calon Praja IPDN Maluku Lulus Tes Kesehatan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

76 Calon Praja IPDN Maluku Lulus Tes Kesehatan

BERITA MALUKU. Sebanyak 76 orang calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) asal Maluku dinyatakan lulus tes kesehatan tingkat daerah yang berlangsung di Rumah Sakit Tentara (RST) Tingkat II Prof. Dr. J. A Latumeten Ambon pada 11-12 Juli 2017.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Maluku, Femmy Sahetapy, dikonfirmasi, Jumat (21/7/2017), membenarkan 76 calon praja dinyatakan lulus tes kesehatan dari 114 yang lulus seleksi administrasi.

Hanya saja, enam dari 114 calon praja IPDN tersebut tidak hadir mengikuti tes kesehatan.

"Salinan hasil tes yang diumumkan melalui website resmi IPDN telah diterima. Jumlah calon yang lulus mencapai dua kali lipat dari kuota yang diberikan kepada Maluku pada 2017 sebanyak 38 orang,"ujar Femmy.

Tes kesehatan tingkat daerah diikuti 114 calon praja dari 11 kabupaten/kota di Maluku, kecuali kabupaten Kepulauan Aru.

Para calon praja IPDN itu berasal dari kota Ambon 69 orang, Maluku Tengah (16), Kota Tual (lima), Maluku Tenggara (satu) serta Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Seram Bagian Timur (SBT) masing-masing enam orang, Maluku Barat Daya (MBD) dan Seram Bagian Barat (SBB) masing-masing dua orang, Buru (empat orang) dan Buru Selatan tiga orang.

Femmy mengatakan, telah menginformasikan kepada para calon praja yang lulus tes kesehatan daerah agar melaporkan diri di kantor BKD Maluku sehingga dapat dipersiapkan untuk menghadapi tes tahap berikutnya.

"Kami menyadari kesulitan transportasi para calon praja dari kabupaten/kota lain di luar Kota Ambon untuk datang melaporkan diri, tetapi dirasakan sangat perlu untuk dipersiapkan menghadapi tes tahap berikutnya yang semakin berat," katanya.

Calon praja IPDN yang lolos tes kesehatan akan mengikuti tes psikologi, integritas dan kejujuran di Ambon pada 25-27 Juli 2017 dan hasilnya diumumkan pada 4 Agustus 2017.

"Calon praja yang lolos tes psikologi, integritas dan kejujuran akan diberangkatkan ke kampus IPDN di Jatinangor pada 9 Agustus 2017 untuk mengikuti pantukhir yang meliputi serangkaian tes oleh tim IPDN," ujarnya.

Tes pantukhir yang akan dilakukan di kampus Jatinangor meliputi verifikasi faktual dokumen administrasi yang diumumkan pada 14 Agustus 2017, tes ulang kesehatan pada 15 Agustus 2017 serta tes kesamaptaan (16-22 Agustus) dan wawancara (22 Agustus).

"Seluruh hasil tes di kampus IPDN akan diumumkan pada 27 Agustus 2017 dan calon yang lolos langsung mengikuti pendidikan," tandas Femmy.

Dia berharap calon praja dari Maluku yang lolos tahapan tes akhir yang dilakukan di kampus IPDN dapat memenuhi harapan pemerintah daerah terutama memenuhi kuota yang telah ditetapkan yakni 38 orang, sehingga tidak diambil peserta dari daerah lain.

"Kami berharap seluruh kuota untuk Maluku dapat terisi oleh peserta dari provinsi Seribu Pulau. Tidak seperti pada 2016 di mana dari kuota 20 orang hanya 18 dengan satu diantaranya telah dipulangkan," katanya.

Dia juga telah mengingatkan pemerintah kabupaten/kota termasuk instansi teknis terkait untuk mempersiapkan para lulusan SMA maupun sederajat sejak dini dengan memperhatikan berbagai aspek terutama masalah kesehatan.
Pemprov 5262047142827783562

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang