33 Calon Ikut Tes Panwas Kabupaten Bursel | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

33 Calon Ikut Tes Panwas Kabupaten Bursel

BERITA MALUKU. Sebanyak 33 orang calon anggota Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengikuti tes tertulis, berlangsung di SD Negeri Elfule, Desa Elfule, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Said Lestaluhu kepada wartawan usai pelaksanaan tes, Senin (17/7/2017) mengatakan, bahwa ada sebanyak 34 orang calon anggota Panwas Kabupaten Bursel yang mengikuti tes tertulis, namu 1 calon tidak hadir.

“Peserta yang ikut test ini sebanyak 33 orang dari 34 yang dinyatakan lolos administrasi, tetapi 1 orang tak hadir, jadi hanya 33 orang saja yang ikut tes tertulis,” jelas Lestaluhu.

Lestaluhu menjelaskan, sebelumnya Timsel telah melakukan pengumuman pengambilan formulir pendaftaran dan dilanjutkan dengan pengembalian formulir pendaftaran oleh para peserta. Dimana, setelah melakukan seleksi administrasi, Timsel kemudian meloloskan sebanyak 34 peserta.

“Jadi, mereka yang lolos seleksi administrasi berhak untuk mengikuti tes tertulis hari ini,” jelas Lestaluhu.

Dijelaskan Lestaluhu, dalam tes tertulis yang dilaksanakan saat ini, kepada para calon diberikan soal yang berkaitan dengan pengetahuan peserta tentang tahapan-tahapan pengawasan dalam pemilihan kepala daerah, pengetahuan hukum, bagaimana penyelenggaraan pemilu, sosialisasi dan system penganggaran.

“Karena mereka ini sebagai komisioner, mereka harus bisa menguasai bagaimana Panwas sebagai sebuah organisasi untuk menjalankan mekanisme sistem yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu,” jelasnya.

Lestaluhu mengatakan, dari tes tertulis ini pihaknya selanjutnya akan menentukan maksimal 12 peserta yang dinyatakan lulus untuk selanjutnya akan mengikuti tes wawancara pada minggu depan.

Dijelaskan, tim akan melakukan pemeriksaan hasil tertulis dan kemudian akan dilakukan semacam perengkingan dan siapa yang tertinggi yang lulus dan akan ikut dalam seleksi selanjutnya, yaitu tes wawancara.

Katanya lagi, setelah dilakukan tes wawancara, Timsel akan meloloskan sebanyak enam orang calon peserta untuk selanjutnya disampaikan ke Bawaslu Provinsi Maluku.

Selanjutnya, Bawaslu Provinsi Maluku akan melakukan fit and proper test terhadap keenam calon tersebut dan kemudian oleh Bawaslu juga yang akan menentukan tiga orang yang terpilih atau lolos sebagai Panwas Kabupaten Bursel.

Dikatakan, peserta yang mengikuti tes seleksi Panwas Kabupaten Bursel kali ini berasal dari berbagai kalangan yakni ada dari PNS, aktivis maupun pegiat-pegiat demokrasi di Kabupaten Bursel.

Lestaluhu berharap, proses seleksi yang dilakukan ini akan melahirkan tiga orang Komisioner Panwas Kabupaten Bursel yang memiliki integritas yang tinggi dan memiliki pengetahuan tentang system penyelenggaraan pemilu.

“Prinsipnya mulai dari administrasi, kemudian tes tertulis sampai wawancara, kita berharap mereka bisa menunjukkan ada indikasi-indikasi yang kuat bahwa mereka punya kompetensi, khususnya dalam bidang pengawasan penyelenggaraan pemilu. Ya, jadi intinya kita butuh orang yang betul-betul punya integritas dan punya pengetahuan tentang system penyelenggaraan pemilihan umum,” tutur Lestaluhu. (LE)
Pilkada Maluku 5450808320684062942

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang