Pattiselano: Stok Kebutuhan Pokok Jelang Idul Fitri Tersedia Dalam Jumlah Yang Cukup | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pattiselano: Stok Kebutuhan Pokok Jelang Idul Fitri Tersedia Dalam Jumlah Yang Cukup

BERITA MALUKU. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano mengakui, ketersediaan bahan pokok kebutuhan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah tersedia dalam jumlah yang cukup.

Hal ini disampaikan Pattiselano kepada wartawan usai mengikuti pembukaan pasar murah yang berlangsung di halaman kantor Disperindag Maluku, Selasa (13/6/2017).

Dijelaskan, berdasarkan hasil pantauan stok kebutuhan beras masih tersedia 11 ribu ton dengan masa ketahanan 104 hari. Dan dalam waktu dekat akan ditambah 230 ton., mulai dari tanggal 14 sampai 24 Juni.

Untuk stok gula pasir, masih tersedia 230 ton dengan masa ketahanan 4 bulan. Direncanakan akan masuk lagi 350 ton, yakni 150 ton dari KBA, 250 ton dari Bulog. Tepung terigu masih tersedia 662 ton dengan daya tahan 31 hari dan akan masuk lagi 100 ton. Minyak goreng masih tersedia 446 liter dengan daya tahan 36 hari kedepan, dan akan ditambah lagi 150 ribu liter.

Begitu juga, ketersediaan susu mencapai 399 ribu kaleng dengan daya tahan 40 hari, dan akan ditambah 19.200 kaleng. Mentega masih tersedia 31 ton dengan daya tahan 30 hari.

Sementara itu, ketersediaan telur mencapai 1.540.360 butir, dengan daya tahan 7 hari. Mengingat telur merupakan komoditi yang tidak dapat bertahan lama. Namun dipastikan dalam waktu dekat ini akan masuk lagi 846 ribu butir.

Untuk daging sapi, kata mantan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Maluku ini, masih tersedia 59 ribu kilogram. Untuk ayam boiler 668.750 kilogram dan minggu depan akan masuk 66 ribu kilogram.

Begitu juga dengan cabe, bawang dan sayuran maasih tersedia cukup dan secara dirutin dipasok dari daerah pemasok terutama dari Manado, antara lain Kol dan wolter.

Walaupun stok kebutuhan pokok masyarakat tersedia dalam jumlah yang cukup, tetapi pihaknya masih terus membangun koordinasi dengan Dinas Perhubungan maupun operator pelayaran agar secara rutin dapat memantau kedatangan kapal barang. 

“Kita berdoa agar cuaca esktrin tidak mempengaruhi jadwal kapal, sehingga stok kebutuhan pokok tetap terjaga,” tuturnya.

Kepada distributor, para pedagang pengecer dan yang lainnya, dirinya berharap untuk tidak melakukan kegiatan spekulasi tertentu sehingga dapat menyebabkan terjadi lonjakan harga yang tidak wajar yang pada akhirnya dapat merugikan masyarakat.
Ramadhan 375647765379759911

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang