Kodam XVI/Pattimura Gandeng BUMN Beri Bantuan Ternak di Desa Iha dan Luhu | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kodam XVI/Pattimura Gandeng BUMN Beri Bantuan Ternak di Desa Iha dan Luhu

BERITA MALUKU. Bekerja sama  dengan pihak kementerian BUMN, Kodam XVI/Pattimura menggelar Acara Penyerahan Bantuan Kambing Kepada Masyarakat Desa Iha-Luhu.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura yang diterima Berita Maluku Online, Sabtu (3/6/2017) menyebutkan, penyerahan bantuan tersebut berlangsung di kantor desa Luhu Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), pada Jumat kemarin (2/6/2017), berkaitan dengan Perintah Presiden RI, Joko Widodo kepada TNI untuk membantu pencapaian swasembada pangan nasional.

Pihak TNI pun menindaklanjutinya dengan mengadakan perjanjian kesepahaman atau yang dikenal dengan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Pertanaian. Tiap-tiap daerah, kepala dinas pertanian dan Kotama TNI AD segera menindak lanjuti kerja sama tersebut dengan penandatangan MuO, di bidang Ketahan Pangan, termasuk di wilayah Maluku antara Dinas Pertanian Provinsi dengan Kodam XVI/Pattimura.

Di beberapa wilayah Maluku yaitu di Pulau Buru dan Pulau Seram saat ini sedang dikerjakan cetak sawah untuk meningkatkan produktifitas pertanian, agar Maluku bisa swasembada beras, tidak terlalu tergantung dari beras yang didatangkan dari luar Maluku sambil menjaga dan melindungi tanaman sagu sebagai pangan lokal yang harus dilestarikan.

Kodam XVI/Pattimura dengan lebih tajam mengagasnya dengan program unggulan “Emas Hijau” yaitu bidang perkebunan dan pertanian bahkan diwaktu yang akan datang tidak menutup kemungkinan Maluku bisa dijadikan sebagai kawasan penghasil buah-buahan berkualitas diantaranya: Jeruk, rambutan, manggis, gandaria, durian, pisang, duku, alpukat dan lain-lain, disamping pala dan cengkeh yang sudah terkenal selama beratus tahun.

Selain tanaman, program Emas Hijau juga bergerak di bidang peternakan.

Sebagaimana diketahui, bahwa Indonesia masih bergantung pada impor daging sapi. Berdasarkan data populasi ternak bahwa Maluku sangat potensial bagi pengembangan ternak Kambing dan Domba.

Oleh karena itu dalam penyelenggaraan program Emas Hijau Kodam XVI/Pattimura bekerja sama  dengan pihak kementerian BUMN, yaitu memberikan bantuan ternak kambing dan Domba di wilayah Maluku dengan bibit awal sejumlah 5000 ekor.

Program pengembangbiakan ternak kambing ini dilaksanakan selama tahun 2017 hingga 2018.

Teknis rincian pengembangbiakannya adalah sebagai berikut. Misalkan penerima sebanyak 200 orang terbagi menjadi 40 kelompok (1 kelompok terdiri dari 5 orang dan mendapat 25 ekor kambing) dengan perbandingan 200 ekor kambing jantan dan 800 ekor kambing betina (1000 ekor)

Kodam XVI/Pattimura bersama kementerian BUMN telah memberikan bantuan kambing ke beberapa daerah baik di Maluku dan Maluku Utara, diantaranya yang berlangsung hari ini, Jumat (2/6/2017) dimana ada sebanyak 50 ekor kambing diserahkan kepada masyarakat Desa Iha dan Luhu.

Program unggulan Kodam XVI/Pattimura ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekologis (bagi lingkungan) dan manfaat ekonomis bagi masyarakat; Dapat meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat; Dapat menggerakan ekonomi pedesaan, meningkatkan kemitraan dan pengentasan kemiskinan; Dapat melakukan pemberdayaan masyarakat secara sosial dan ekonomi agar konflik di wilayah tidak akan terjadi lagi; dan Menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat khususnya generasi muda agar timbul kecintaan terhadap lingkungan hidup; serta yang paling penting adalah dapat meningkatkan kemanunggulan TNI-Rakyat.

Bupati SBB, Drs. Muh. Yasin Payapo dalam sambutannya mengatakan, sejak Kabupaten Seram Bagian Barat terbentuk tahun 2004 dan sampai pelantikan kepala daerah 22 Mei 2017 lalu, Bupati dan wakil bupati mempunyai komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pemanfaatan lahan tidur untuk sub sektor peternakan yang tertuang dalam visi misinya.

Lebih lanjut Bupati menuturkan, bantuan dari Kodam XVI/PTM ini diharapkan dapat memacu semangat kelompok tani ternak penerima bantuan untuk memelihara ternak tersebut sesuai dengan cara perkembangbiakan ternak kambing yang sudah disampaikan dari dinas pertanian.

”Kita harus segera berpacu dengan waktu untuk mengejar ketertinggalan daerah ini melalui kerja keras sehingga kabupaten Seram Bagian Barat dapat menjadi setara bahkan lebih maju dari dearah lain di Indonesia,” ujar  Bupati SBB.

Aster Kasdam XVI/PTM, Kolonel Inf Ali Alimudin mewakili Pangdam XVI/Pattimura Doni Monardo dalam sambutannya mengatakan, Bentuk MoU dinas Pertanian dan Peternakan provinsi Maluku dengan Kodam XVI Pattimura, dan BUMN yang salah satunya adalah program ternak Kambing untuk peningkatan ketahanan pangan, dan pemberdayaan ekonomi rakyat.

Dalam program ternak kambing yg diserahkan kepada masyarakat sebanyak 5000 ekor, namun pengadaan terbatas maka dalam masa percobaan dan langkah monitoring diserahkan sebanyak 1000 ekor. Termasuk desa Iha-Luhu diserahkan Sebanyak 50 ekor.

Program emas Biru bekerjasama dengan dinas Perikanan dan Kelautan memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk meningkatkan sumber daya kelautan dan budidaya ikan yang berkwalitas tinggi.

Selain itu, dengan adanya program sejuta pohon, yang merupakan upaya kodam XVI/Pattimura untuk  meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meredam potensi konflik yang ada, serta mengembalikan kejayaan Maluku sebagai daerah penghasil rempah-rempah. Dimana pohon tetsebut adalah pohon yang berkwalitas, buah buah dan sebagainya.

Syarifudin dari Kementrian BUMN yang hadir saat itu mengatakan, Pertamina merupakan BUMN mempunyai kepedualian yang sangat besar dalam bidang sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegaiatan ini bekerja sama dengan Kodam XVI/Pattimura bertujuan untuk meningkatkan perekonomian kepada masyarakat setempat dan kegiatan ini bukan hanya di desa Luhu dan desa Iha saja tetapi di berbagai wilayah kodam XVI/PTM.

Di Akhir acara itu, dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan ternak kepada masyarakat Desa Iha dan Luhu.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Kab. SBB Drs. Muhamad Yasin Payapo, Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Ahmad Fikri Dalimunte, Pabandya Wanmil Sterdam VXI/PTM Letkol Inf Y. Priyatna, Wakapolres SBB Kompol Jhon Pikahuly, Kementrian BUMN Bpk Syarifudin (areal meneger CSR  dan Smeep Maluku/Papua), Kadis PMD Drs. R. Silooy, Kadis Pertanian Ir. Manzur Tianotak. Sp, Kadis Koperasi Ir. Stev Paliama, Ka Inspektorat Ir. A. Titawano, Kadis PNPB Drs. S Solissa, Kadis Perhubungan Adjait SH. M.Si., Kabag Humas dan Protokol Drs. J. Teterima, Pabung Kab. SBB Mayor Inf D. Mado, Pejabat Desa Luhu Bpk Abdul Gani Payapo, Sekretaris Desa Iha bpk Hasan Kaisupi, Masrakat desa Luhu dan masyarakat desa Iha sebanyak 50 orang.(Pendam16)

 
TNI-Polri 4019570989308838131

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang