Imigrasi Ambon Data 42 WNA Filipina | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Imigrasi Ambon Data 42 WNA Filipina

BERITA MALUKU. Kantor Imigrasi Kelas I Ambon mendata 42 orang warga negara asing (WNA) yang saat ini berada di ibu kota provinsi Maluku itu.

"Kami melakukan pendataan atas kerja sama dengan TNI Angkatan Laut dari Lantamal IX/Ambon, di bantu Koramil dan Polsek setempat di kecamatan Baguala, Kota Ambon," kata Kabid Pengawasan dan Penindakan Orang Asing, Hendro di Ambon, Jumat (16/6/2017).

Menurut dia, setelah mendapatkan informasi dari TNI Angkatan Laut, pihaknya melakukan kerja sama untuk melaksanakan pengecekan di lapangan, dan ternyata benar ada 42 warga negara sing yang dicurigai berkewarganegaraan Filipina.

Pendataan dilakukan selama dua hari, tanggal 13-14 Juni 2017, dan diperoleh kesimpulan bahwa mereka nelayan tradisional yang sudah berada di Desa Passo sejak tiga bulan lalu.

"Mereka ini belum ditahan dan masih tinggal di rumah-rumah penduduk biasa di Desa Passo. Tetapi mereka tidak memiliki dokumen apapun terkait keberadaan mereka di Ambon," kata Hendro.

Ia menyatakan pihaknya akan melaporkan keberadaan nelayan asing itu ke Kedubes Filipina di Jakarta, melalui konsulat di Manado, Sulawesi Utara.

"Mereka tidak memiliki dokumen apa-apa, karena itu kita tunggu saja setelah ada laporan dari Konsulat di Manado baru Imigrasi Ambon mengambil langkah selanjutnya," ujarnya.

Hendro menambahkan, Imigrasi Ambon masih melakukan komunikasi dengan Konsulat Filipina di Manado,karena para nelayan tersebut saat ini baru diduga berkewarganegaraan Filipina.

"Paspor saja tidak punya, karena itu Imigrasi belum bisa pastikan WNA asal negara mana, perlu diklarifikasi terlebih dahulu," ujarnya.
Ambon 7739258363251717722

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang