Broken Home Yang Berujung Gangguan Psikologis pada Anak | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Broken Home Yang Berujung Gangguan Psikologis pada Anak

SEPERTI yang kita ketahui, rumah tangga merupakan kantong rahimnya keluarga, yakni tempat tumbuh – kembang anak. Salah satunya dalam menghadapi masa depan yang akan datang.

Tidak dapat dipungkiri juga, anak akan mengalami proses tumbuh kembang yang baik dan normal, karena faktor kedua orang tua.

Di sini pentingnya peran orang tua dalam menjaga keharmonisan keluarga demi menjaga stabilitas kejiwaan anak sangat penting. Akan tetapi sebaliknya apabila orang tua sudah tidak harmonis lagi, bahkan sampai melakukan perceraian, anak akan mengalami labilitas dalam perilaku hidup secara kejiwaannya. Sebab bagaimanapun anak merupakan sosok duplikasi dari kedua orang tuanya. Maka wajar apabila anak sering marah–marah dan kurang percaya diri, bahkan sampai dia menganggap harga dirinya rendah tehadap lingkungan yang disebabkan karena kedua orang tuanya sering bertengkar yang hingga berujung terjadinya perceraian.

Sesungguhnya dampak perceraian pada anak-anak bervariasi sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan psikologis mereka. Orangtua perlu memahami dampak dan kebutuhan yang berbeda dari anak-anak mereka. Adapun ganguan psikologis pada anak akibat ketidak harmonisan kedua orang tua yang belum sampai bercerai seperti, anak mulai menderita kecemasan yang tinggi dan ketakutan.

Anak merasa terjepit di tengah-tengah Karena dalam hal ini anak sulit sekali dalam memilih ayah atau ibu. Dan juga anak sering kali mempunyai rasa bersalah. Sedangkan gangguan psikologis anak yang dapat terjadi setelah terjadinya perceraian yaitu anak akan merasakan kepedihan dan kehancuran hati sehingga memandang hidup ini sia-sia dan mengecewakan. Anak tidak bisa menerima teladan dari salah satu kedua orang tuanya.

Dan apabila perceraian telah terjadi, sangat sulit menemukan cara agar anak-anak merasa terbantu dalam menghadapi masa-masa sulit karena perceraian orang tuanya. Sekalipun ayah atau ibu berusaha memberikan yang terbaik sebisa mereka lakukan, segala yang baik tersebut tetap tidak dapat menghilangkan kegundahan hati anak-anaknya.

Beberapa psikolog menyatakan, bahwa bantuan yang paling penting yang dapat diberikan oleh orangtua yang bercerai kepada anak adalah mencoba menenteramkan hati dan meyakinkan anak-anak bahwa mereka tidak bersalah. Yakinkan bahwa mereka tidak perlu merasa harus ikut bertanggung jawab atas perceraian orangtuanya.

Sedangkan harapan seorang anak yang rindu akan kasih sayang kedua orang tuanya bagaikan hayalan belaka bagi seorang anak akibat perceraian yang telah terjadi. Dalam hal ini Orang tua juga harus tetap menguasai emosi, perasaan, maupun pikiran.

Seoarang anak meski telah terjadi perpisahan, dalam hal ini bukan berarti anak hanya boleh memilih satu orang tua saja. Dan walau bagaimanapun anak butuh ayah dan ibu. Jadi jangan putuskan hubungan anak dengan sosok salah satunya.

Dan di sini, butuh pula kepekaan orang tua untuk mengerti apa yang dibutuhkan seorang anak akan perasaannya. Orang tua yang memiliki hak asuh anak boleh memberitahukan tentang pasangannya, namun bukan berarti menjelek-jelekkan satu sama lain. Kalau kita memburuk- burukkan mantan pasangan, anak akan berada dalam posisi dituntut untuk memilih salah satunya, baik itu memilih seorang ibu atau ayahnya. Biarkan mereka melihat dan tahu sehingga bisa mengambil keputusan sendiri.

Dan dampak lain dari perceraian juga dapat menimbulkan stress dan trauma untuk memulai hubungan baru dengan lawan jenisnya.

Menurut psikiater dari Amerika Aerikat (AS), Thomas Holmes dan Richard Rahe yang meneliti tingkat stress pada manusia, mengatakan perceraian adalah penyebab stress kedua paling tinggi, setelah kematian pasangan hidup.

Konflik yang terjadi pada kedua orang tua sudah pasti akan berimbas kepada anak-anak mereka.


Ditulis oleh: Izzul Fiqri
Mahasiswa Program studi ilmu keperawatan, Fakultas ilmu kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang
Aneka 332804863292012475
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks