Angka Kemiskinan di Ternate Alami Penurunan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Angka Kemiskinan di Ternate Alami Penurunan

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara, menyatakan, sesuai nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tercatat angka kemiskinan di daerah ini mengalami penurunan.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, di Ternate, Kamis (15/6/2017) mengatakan, pengentasan kemiskinan digalakkan seiring kenaikan IPM daerah ini.

"Adanya penurunan angka kemiskinan di Kota Ternate, di mana pada 2015 sebesar 2,99 persen, menurun dibandingkan 2014 yang mencapai 3,16 persen," ujarnya.

Selain itu, indikasi gairahnya aktivitas perekonomian, meningkatnya daya beli dan tingginya investasi yang masuk ke Kota Ternate, maka diharapkan angka kemiskinan terus menurun.

"Pemerintah dengan bermacam-macam program pengentasan kemiskinan yang dilakukan diharapkan akan menekan angka kemiskinan sampai pada tingkat yang serendah-rendahnya," kata Burhan.

Bahkan, sesuai data yang diterbitkan BPS Kota Ternate pada 2016 tercatat nilai IPM mencapai 77,64, meningkat dibandingkan 2015 yang hanya sebesar 77,00.

"Nilai IPM ini masuk dalam kategori tinggi dan merupakan yang tertinggi dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara," tandasnya.

Dari hasil perhitungan tersebut menunjukan, program dan kebijakan pembangunan yang dilaksanakan selama ini khususnya di bidang pendidikan maupun kesehatan telah berdampak pada tingkat kesejahteraan masyatakat seperti yang tergambar pada angka IPM.

Selain itu, terjadi kenaikan pada indeks pendapatan masyarakat, sebagaimana digambarkan oleh struktur PDRB, baik PDRB atas dasar harga berlalu maupun pendapatan perkapita yang menunjukan adanya kenaikan daya beli masyarakat, hal ini sejalan dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi.
Malut 2123298345942703624

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang