Lantamal IX, Basarnas dan Bakamla Uji Kemampuan Renang di Teluk Ambon | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX, Basarnas dan Bakamla Uji Kemampuan Renang di Teluk Ambon

BERITA MALUKU. Setelah memberikan teori pelajaran tentang kesehatan kelautan dan Evakuasi Medis Laut (EML) kepada 114 Mahasiswa Poltekes Kemenkes Maluku, Senin (10/4/2017) kemarin, Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX, bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon dan Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Timur melaksanakan Uji Kemampuan Renang Laut di Teluk Ambon, Selasa (11/4/2017).

Renang laut tersebut sebagai bentuk latihan kemampuan dasar dan kesiapan lanjutan dalam tindakan penyelamatan korban kecelakaan di laut serta proses evakuasi ke tempat aman agar korban mendapatkan perawatan dan pengobatan yang lebih intensif.

Rute renang dengan jarak kurang lebih 2,5 km itu, dimulai dari pantai Kate – kate, Ambon dan finish di Dermaga Beaching Mako Lantamal IX, diikuti personel dari Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX, Basarnas dan Bakamla, didukung 5 perahu karet dari Satkamla Lantamal IX dan Basarnas Ambon sebagai Tim SAR.

Komandan Lantamal IX, Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, SE. M. Tr (Han) mengapresiasi kegiatan latihan renang laut gabungan. Karena selain untuk  mengetahui kemampuan personil, sekaligus refreshing.

Menurutnya, renang adalah hal terpenting dan mendasar bagi personel pada saat melaksanakan penyelamatan kecelakaan di laut, dengan tujuan meningkatkan kemampuan sekaligus menguji ketahanan saat melaksanakan penyelamatan korban kecelakaan di laut maupun korban tenggelam.

“Dalam hal ini juga, sekaligus menciptakan soliditas timwork dengan satuan terkait yang merupakan instansi terdepan dalam melakukan penyelamatan bila terjadi kecelakaan di laut. Mengingat wilayah Maluku sebagian besar adalah laut, sehingga jika pada saatnya dibutuhkan tindakan penyelamatan di laut, maka Lantamal IX siap untuk mendukung," ucap Danlantamal IX saat menyambut para peserta renang laut di Dermaga Beaching Lantamal IX.

Kegiatan renang laut Teluk Ambon ini, diikuti secara langsung oleh Asintel Danlantamal IX Ambon, Kolonel Marinir Said Latuconsina dan Karumkital dr FX Suhardjo Lantamal IX Ambon, Letkol Laut (K) dr Hisnindarsyah. (DISPEN LANTAMAL IX).
TNI-Polri 8398088743736241392
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks