Lanal Saumlaki Laksanakan Pemberdayaan Kekuatan Maritim di MTB | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lanal Saumlaki Laksanakan Pemberdayaan Kekuatan Maritim di MTB

BERITA MALUKU. TNI AL melalui Lanal Saumlaki perlu membina kemitraan, dengan merangkul serta mendorong Kementerian atau Instansi terkait untuk ikut berperan serta secara aktif dalam melaksanakan pembinaan potensi maritim, melalui berbagai upaya memanfaatkan potensi maritim di wilayah Kabupaten MTB.

Untuk itu, Prajurit Lanal Saumlaki dan Jalasenastri Cabang 3 Korcab IX DJAT, pada Sabtu (11/3/2017) kemarin, mengikuti acara Panen Perdana Rumput Laut dan Peresmian Bumdes Desa Lermatang.

Penerangan Lanal Saumlaki melalui press release kepada media ini, Sabtu (11/3/2017) menjelaskan, kegiatan ini merupakan Program sosial Investmen kerja sama Inpex, DWF-Indonesia dan didukung Lanal Saumlaki.

"Upaya pemanfaatan potensi maritim antara lain menumbuhkan kepekaan terhadap segala aspek kemaritiman serta lingkungan hidup wilayah laut, pantai dan pesisir, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam laut guna menciptakan kondisi yang kondusif bagi investasi dan usaha sektor kelautan."

Dijelaskan, kurangnya pemahaman masyarakat untuk menjaga kondisi laut adalah salah satu permasalahan yang harus segera di atasi.    Ada banyak resiko dalam pemeliharaan rumput laut seperti adanya pencemaran di laut.

Untuk itu, Lanal Saumlaki selalu melakukan penjelasan dan memahamkan agar timbul kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian laut.

Hal tersebut sangatlah penting untuk mendukung program budidaya rumput laut yang dilaksanakan oleh nelayan budidaya rumput laut di Desa Lermatang, Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten MTB.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa penyadaran dan sosialisasi tentang upaya mencegah Aktivitas wisata yang tidak memperhatikan kelestarian ekosistem laut, Reklamasi pantai,  penambangan pasir laut, Penambangan karang untuk bahan bangunan atau kapur, pengambilan karang hidup untuk tujuan komersial (perdagangan) dan Pembuangan sampah dari aktivitas hulu yang muaranya ke laut.

"Kami dari Lanal Saumlaki melaksanakan kegiatan ini di Desa Lermatang (Desa binaan TNI AL) untuk mendukung Program Budidaya Rumput Laut dan mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional," kata Danlanal Saumlaki, Letkol Laut (P) Wirawan Ady Prasetya, S.Sos, di sela-sela Acara Panen Perdana Rumput Laut dan Peresmian Bumdes Desa Lermatang Seaweed Culvation Program.

Acara ini dihadiri oleh Dirjen PDDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, SKK Migas, Pejabat dilingkungan Pemda Kabupaten MTB, Danlanal Saumlaki, Masyarakat Desa Lermatang, DWF-Indonesia. (Pen Lanal Saumlaki)
TNI-Polri 373010269342224210
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks