Kerangka Almarhum Alexander Jacob Patty Dikebumikan di TMP Kapahaha Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kerangka Almarhum Alexander Jacob Patty Dikebumikan di TMP Kapahaha Ambon

Wagub: Pemuda Maluku Harus Teladani Semangat Nasionalisme AY Patty

BERITA MALUKU. Setelah kerangka jenazah Almarhum Alexander Jacob Patty atau yang biasa disapa AY Patty, diambil dari makamnya, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pandu, Bandung, Provinsi Jawa Barat. Akhirnya jenazah pejuang Nasional yang biasa disapa AY Patty dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kapahaha, Ambon, Kamis (23/3/2017).

Sebelum proses pemakaman, peti kerangka jenazah alamarhum AY Patty yang diselimuti bendera Merah Putih dibawah oleh 4 orang yang terdiri dari dua prajurit TNI AD, Prada Fajar Chorul dan Prada Munandar Fahari serta dua orang dari Tagana Dinas Sosial, Yunus Sarabity dan Irwan Lumalesi.

Upacara penghormatan terakhir AY Patty dihadiri oleh dua anaknya yakni Kruli Patty dan since Patty serta ahli waris yang ada di Maluku, serta jajaran pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Proses pemakaman AY Patty dimulai dengan penghormatan awal kepada almarhum yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, selanjutkan secara simbolis melakukan penimbuaan liang lahad.

Wakil Gubernur dalam sambutannya, berharap kepada seluruh pemuda-pemudi Maluku untuk meneladani semangat nasionalisme yang diwarisi AY Patty, sebagai pejuang/perintis kemerdekaan RI yang turut mengimajinasikan dan mentransformasikan semangat kedaerahan atau ke-Maluku-an sebagai modal sosial dalam rangka lahirnya semangat nasionalisme dan patriotisme untuk kemerdekaan negara ini.

Dijelaskan, upaya membangun semangat nasionalisme dilakukan sejak beliau pindah ke Semarang, dimulai dengan mendirikan perkumpulan Kemakmuran rakyat Ambon yang organisasinhya lebih bersifat sosial.

Seiring dengan menguatnya isu nasionalisme, sebagaimana gerakan Budi Utomo, Serikat Islam yang dipelopori KH. Agus Salim  Cokroaminoto, dan seorang pahalawan asal Maluku yaitu A.M Sangadji dan yang lain.

“Alexander Jacob Patty kemudian melakukan terobosan serikat Ambon pada tanggal 9 Mei 1920. Dari serikat Ambonn ini gagasan nasionalisme disebarkan ke berbagai kota besar di Jawa, dan kota di pulau Jawa didirikan serikat Ambon sebagai basis perjuangan,” ujarnya.

Menurutnya, sikap kritis dan konsistensi di dalam mengkritik kebiadaban kolenil Belanda yang menindas dan merampas kekayaan negerinya membuat pemerintah kolonial membuangnya ke Makasaar, Bengkulu hingga ke Papua, sampai perang dunia kedua dan baru bisa meloloskan diri ke Australia setelah masa penjajahan jepang.

“Di tengah perjuangan bangsa ini membangun harga diri dan martabatnya, terlepas dari kolonialisme Belanda saat itu, para putri dan putri terbaik bangsa telah berjuang dengan sekuat tenaga untuk kemerdekaan bangsa ini,” ungkapnya.

Selain itu dalam barisan serikat Ambon itu, lanjut Sahuburua, AY Patty menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan keberdayaannya juga mendorong upaya-upaya di bidang ekonomi maupun politik.

“Olehnya itu, nilai-nilai inilah yang harus selalu “Living” (Hidup), diwujudkan dan diwariskan kepada generasi penerus. Jangan sampai spirit nasionalisme oleh AY Patty itu dibonsai atau dihancurkan oleh kepentingan sektarian yang berbasis agama, kampung, suku dan golongan,” cetusnya.
Pemprov 3704255455146379435

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang