BPMD Kabupaten MTB Fasilitasi Pembentukan BUMDes Ngurmase | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

BPMD Kabupaten MTB Fasilitasi Pembentukan BUMDes Ngurmase

Yongky Souisa
BERITA MALUKU. Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), memfasilitasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ngurmase di Desa Lermatang, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel).

Selain difasilitasi untuk pembentukan BUMDes Ngurmase. Desa Lermatang, lembaga desa ini juga bekerja sama dengan Pemdamping Lokal (PLD) P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten MTB.

Kepala BPMD Kabupaten MTB, Yongky Soiusa kepada Berita Maluku Online, Kamis (9/3/2017) menyatakan apresiasinya terhadap hal ini, bahkan pihaknya berterima kasih atas terbentuknya BUMDes Ngurmase oleh Pemerintah Desa (Pemdes) adanya campur tangan pihak Fasilitator serta  PLD.

Dikatakan, keberdaan BUMDes Ngurmase diharapkan menjadi pemicu perkembangan berbagai kegiatan usaha di desa-desa lain di kabupaten MTB sesuai hasil musyawarah desa.

Souisa menandaskan, Pemdes Lermatang menyepakati BUMDes Ngurmase sebagai “holding.” Itu bergerak dalam bidang pelayanan air bersih desa, desa wisata, simpan pinjam dan usaha lain masyarakat desa Lermatang sendiri. Sehingga hal ini nantinya diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru di desa.

Di lain pihak, pria ini berharap desa-desa lain di kabupaten julukan duan-lolat tersebut bisa mengikuti apa yang sudah dilakukan Pemdes Lermatang, karena itu akan berdampak besar bagi perekonomian masyarakat desa bersangkutan.

Souisa menghimbau adanya percepatan pembentukan BUMDes sehingga bisa direalisasikan sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa.

“Untuk itu, kami sedang mendorong itu dan memfasilitasi seluruh desa di Kabupaten MTB membentuk BUMDes atau BUMAdes (BUMAdes antar desa) sesuai dengan potensi dan tipologi desa masing-masing. Sebab, pada akhir tahun 2016 sudah difasilitasi pembentukan 16 BUMDes oleh pihak BPMD MTB,” ujarnya. (EBe)
Daerah 8141588773650964687

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang