Hadapi UN, Siswa di Ambon Dibebani Rp60 Ribu Untuk Les Tambahan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Hadapi UN, Siswa di Ambon Dibebani Rp60 Ribu Untuk Les Tambahan

BERITA MALUKU. Setiap siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Ambon yang akan menghadapi ujian nasional (UN) dibebani biaya Rp60 ribu per bulan untuk les tambahan.

"Ini jawaban yang kami terima dari Staf Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon saat melakukan pertemuan dengan Komisi II DPRD Kota Ambon," kata Ketua Komisi II Lucky Nikijuluw di Ambon, Rabu (25/1/2017).

Dia mengatakan, Komisi II DPRD Kota Ambon berkepentingan untuk mengundang Dinas Pendidikan dan Olahraga guna mempertanyakan masalah-masalah yang terkait dengan kesiapan para siswa kelas III SMP sebagai kesiapan menghadapi ujian nasional nanti.

"Jadi dalam pertemuan tadi selain menanyakan kesiapan menghadapi ujian nasional dengan kegiatan les-les tambahan apakah ada dana-dana khusus yang dipungut dari orang tua murid yang memberatkan atau tidak," ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai keputusan, setiap siswa yang akan mengikuti ujian nasional ternyata sudah mengikuti les tambahan sejak November 2016 dan berakhir nanti pada Maret 2017.

Ada iuran sebesar Rp60.000/bulan setiap siswa, ada juga dana BOS sebesar Rp50.000/siswa untuk menunjang kegiatan-kegiatan les tersebut, dengan demikian sudah tidak ada masalah lagi.

Ricky mengatakan, Komisi menanyakan kesiapan setiap sekolah untuk menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2017.

Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Ambon, kataya, mengusulkan 10 sekolah masing-masing SMP Negeri 1, 2,4,9,10,13, 14, SMP Kristen, YPKPM, SMP Alwatan, dan SMP Xaverus.

Sedangkan yang sudah melaksanakan ujian UNBK pada tahun 20126 lalu yakni SMP Lentera, SMP negeri 3 dan SMP 6. Itu berarti tahun 2017 ada 13 sekolah yang akan melaksanakan UNBK.

John Lewaherilla Kasubidmen Dinas Pendidikan dan Olahraga yang dikonfirmasi seusai pertemuan dengan Komisi II DPRD Kota Ambon, mengakui kalau dalam pertemuan tadi Komisi mempertanyakan dana tambahan dan juga kegiatan les-les tambahan bagi para siswa yang akan menghadapi ujian nasional.

Sedangkan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian nasional nanti sesuai data sementara sebanyak 6.349 siswa dari 54 sekolah.

Di samping itu ada juga UNBK tahun 2017 di 13 sekolah. PAda tahunn 2017i diusulkan 10 sekolah sedangkan tiga lainnya sudah melaksanakan pada tahun 2016.
Pendidikan 6431394297209764085

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang