Caretaker Bupati Malteng Kaget, 5 Bulan Guru SD Negeri Siliha Tak Dibayar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Caretaker Bupati Malteng Kaget, 5 Bulan Guru SD Negeri Siliha Tak Dibayar

Saleh Thio
BERITA MALUKU. Caretaker Bupati Maluku Tengah, Saleh Thio kaget mendengar Jacoba Kakisina yang merupakan guru mutasi dari SD Negeri 1 Liliboy, Kecamatan Leihitu Barat ke SD Negeri Siliha, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, sudah 5 bulan tidak terima gaji ditambah dengan gaji 13 dan 14.

“Saya belum mengetahui hal ini, karena selama ini tidak ada laporan yang masuk kepada saya,” ungkap Thio di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Kamis (15/12/2016).

Thio menjelaskan, dari aspek kepegawaian bagi seseorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak diberikan atau ditahan gaji itu dikarenakan ada beberapa alasan, misalnya tidak melaksanakan tugas selama dua bulan  berturut-turut, dan kemudian gajinya ditahan.

“Saya berjanji akan meninjau kembali apakah informasi itu benar atau tidak, jika kalau benar dan guru tersebut bertugas maka harus diberikan karena itu haknya,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jacoba Kakisna merupakan guru yang dimutasikan secara sepihak tanpa melalui proses dan aturan yang jelas, yang seharusnya dimulai dari pengusulan Kepala Sekolah kepada UPTD, diteruskan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan kemudian ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Namun nyatanya proses dilakukan melalui jalan pintas, yakni Kepala Sekolah SD Negeri 1 Liliboy langsung mengusulkan pemindahan Kakisina ke BKD, tanpa melalui UPTD maupun Dinas.

Setelah bertugas di SD Negeri Siliha, Jacoba Kakisina tidak mendapatkan gaji selama 5 bulan mulai dari Juni hingga Desember. Tak hanya itu, Kakisina juga tidak menerima gaji 13 dan 14.

"Memang betul lima bulan saya belum menerima gaji selama 5 bulan ditambah dengan gaji 13 dan 14. kalau dihitung-hitung sudah mencapai Rp20 juta," ujar Kakisina di Ambon, Senin (12/12/2016) lalu.

Dirinya mengungkapkan, sudah memproses pembayaran gaji, namun tidak direspon oleh Bendahara UPTD selaku penyalur gaji. Bahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Tengah mengakui sudah menyerahkan ke UPTD untuk kemudian diterukan ke tenaga pendidik (guru).

Menyikapi hal ini, dirinya mengharapkan adanya perhatian penjabat Bupati Maluku Tengah, Saleh Thio, dan DPRD untuk memanggil kepala dan bendahara UPTD mempertanyakan hal ini, karena di duga telah digelapkan oleh UPTD.
Pendidikan 842251662408629746

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang