FKPT Maluku Gelar Dialog Tingkatkan Profesionalisme Media Masa | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

FKPT Maluku Gelar Dialog Tingkatkan Profesionalisme Media Masa

BERITA MALUKU. Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Maluku menggelar dialog guna menyamakan persepsi terkait desiminasi pedoman peliputan dan peningkatan profesional media masa dalam meliput isu-isu terorisme.

Kegiatan yang berlangsung sehari dan diikuti 100 peserta dari kalangan wartawan berbagai media di kota Ambon dan puluhan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi jurusan komunikasi dibuka Sekretaris FKPT Maluku, Ade Manuhutu, Kamis (3/11/2016).

Ade mengatakan, kegiatan ini semata-mata untuk melakukan penyamaan persepsi dalam melaksanakan tugas-tugas peliputan yang dilakukan para wartawan di lapangan.

"Hal ini sangat penting, mengingat tindakan terorisme merupakan kejahatan luar biasa yang memerlukan keterlibatan semua pihak, termasuk pers untuk menanggulanginya," ujarnya.

Dia mengatakan, berita pers mengenai aksi maupun dampak terorisme semata-mata untuk kepentingan publik.

Karena itu tujuan dialog yang dilakukan saat ini untuk menyamakan persepsi dalam pemberitaan pers, baik media cetak, online, dan televisi.

Selain menyamakan persepsi, para peserta juga diberikan pemahaman tentang Peraturan Dewan Pers Nomor 01/Peraturan-DP/IV/2015 tentang pedoman peliputan terorisme.

Selain itu, cara-cara pembuatan berita dan peliputan isu-isu terorisme yang mendapat sambutan hangat dari para peserta dialog.

Kegiatan yang berlangsung di aula Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon itu menghadirkan tiga orang nara sumber dengan membawakan materi berbeda.

Salah seorang pnitia pelaksana, Berce Minanlarat yang juga anggota FKPT Maluku yang bertindak selaku moderator mengatakan dua orang narasumber berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Pusat yakni Willy Pramudya dan Eko Maryadi.

Sedangkan narasumber lainnya yakni Kepala Biro LKBN Antara Maluku, John Nikita Sahusilawane.
Aneka 307425128457577754

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang