Disperindag Ambon Jamin Stok Kebutuhan Pokok Aman Hingga Tahun Baru | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Disperindag Ambon Jamin Stok Kebutuhan Pokok Aman Hingga Tahun Baru

BERITA MALUKU. Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon menjamin ketersediaan stok kebutuhan pokok aman hingga perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

"Stok kebutuhan pokok di tingkat distributor hingga pasar menjelang hari natal dan tahun baru aman dan mencukupi hingga awal tahun 2017," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag kota Ambon, Carolina Silooy, Kamis (24/11/2016 kemarin.

Menurut dia, pihak distributor menjelang hari raya telah menyiapkan stok kebutuhan pokok guna mengantisipasi permintaan konsumen yang meningkat jelang hari raya.

Permintaan kebutuhan pokok yang meningkat akan berpengaruh pada terjadinya kenaikan harga. Jika permintaan konsumen meningkat maka akan terjadi kenaikan harga oleh distributor.

"Ketersediaan kebutuhan pokok mencukupi dan tidak berkurang, kami jamin hingga natal dan tahun baru, karena ketersediaan barang ini rutin setiap tahun mnejelang hari raya distributor selalu menyiapkan permintaan diabndingkan hari -hari biasanya," katanya.

Carolina mengakui, kebutuhan pokok kemungkinan akan mengalami kenaikan harga oleh para distributor. Hal ini tergantung pada permintaan konsumen yang diukur dari daya beli masyarakat.

Tetapi jika permintaan masyarakat meningkat jelang hari raya, dan stok barang tetap terjaga maka harga barang tidak mengalami kenaikan.

"Saat permintaan barang banyak harganya pasti naik, yang terpenting stok barang tersedia. Kita juga tidak dapat memastikan karena semua itu tergantung distributor, tetapi kita berupaya agar harga barang tetap stabil," tandasnya.

Ia mengatakan, pihaknya juga intensif mengawasi stok kebutuhan pokok di tingkat distributor, pengusaha sayuran, daging dan ikan di kota Ambon.

"Kami sementara mendata ketersediaan stok pangan di pasar, kami berupaya agar stok tersedia diimbangi harga yang tidak mengalami kenaikan," kata Carolina.

Selain itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan Perhubungan Laut, PT.Pelindo Cabang Ambon, PT. Pelni dan perusahaan pelayaran agar memprioritaskan pemuatan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

Begitu pula, koordinasi dijalin intensif dengan pelaku usaha (distributor,sub, distributor, agen,dan pengecer) dalam rangka pengamanan , kelancaran distribusi dan stabilitasi harga bahan kebutuhan pokok jelang hari raya.
Ekonomi 7785992184397306535
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks