Bupati Kepulauan Aru Resmi Pasar Rakyat Jargaria | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bupati Kepulauan Aru Resmi Pasar Rakyat Jargaria

BERITA MALUKU. Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga, meresmikan Pasar Rakyat Jargaria, berlokasi di samping Pasar Tingkat Jargaria Dobo, ibukota Kabupaten Kepulauan Aru, Kamis (17/11/16).

Peresmian pasar dihadiri Wakil Bupati, Muin Sogalrey, Kapolres Kepulauan Aru, AKBP. Adolf Bormasa, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Aru, R. Supriady, Kepala Kantor Kementerian Agama Aru, dr. Sismail Rumfot, pimpinan Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kepulauan Aru lainnya serta sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Aru dan undangan lainnya.

“Peresmian pasar hari ini, memiliki nilai penting dan strategi, sebab pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli dalam melangsungkan aktivitas hidup kesehariannya,” kata Bupati Johan Gonga dalam sambutannya.

Orang nomor satu Aru ini menyatakan, dengan adanya pasar maka akan terjadi akomodasi interaksi dan dinamika perekonomian suatu daerah. Karena pasar mempunyai kaitan yang sangat erat dengan kegiatan ekonomi masyarakat, baik produksi, distribusi maupun konsumsi.

Dikatakan, pasar menjadi wadah utama penjualan berbagai produk kebutuhan pokok dihasilkan para pelaku ekonomi berskala menengah, kecil dan mikro, mengingat peran dari sebuah pasar sangat strategi, ditambah permasalahan dan tantangan yang ada, maka keberpihakan pemerintah daerah dalam pemberdayaan pasar.

“Kita sadari bahwa dinamika pembangunan ekonomi di masa masa mendatang, memerlukan ketersediaan pasar sebagai media atau wadah transaksi untuk ketersediaan sarana dan prasrana,” jelasnya.

Ditambahkan, sarana-prasarana ini merupakan suatu kepatutan dan satu indikator keberhasilan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sejalan dengan itu, maka salah satu misi dirinya selaku Bupati dan juga Wakil Bupati periode 2016-2021 menekankan pentingnya pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Ia berharap, dengan kehadiran pasar ini diharapkan bisa memperlancar distribusi bahan pokok, barang penting maupun barang strategis lainnya serta dapat menciptakan kestabilan harga dan menekan laju inflasi serta meningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita berharap inflasi daerah lebih rendah dibandingkan laju pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, dengan adanya pasar ini dan juga kehadiran tol laut yang memasuki daerah ini diharapkan bisa mengurangi beban konsumen,” harap Gonga.

Selain melakukan penguntingan pita Pasar Rakyat Jargaria, bupati Gonga melakukan penandatangan prasasti dan penyerahan kunci kepada Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdaganagn (Disperindakop) Kabupaten Kepulauan Aru, Rudy Siwabessy sekaligus Bupati dipersilahkan berkeliling melihat lihat 30 bilik yang berada dalam pasar rakyat tersebut. (IMANe)
Daerah 2797365728089117877

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang