18 Kelompok Tani Maluku Terima Bantuan 340 Ekor Sapi Asal Bali | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

18 Kelompok Tani Maluku Terima Bantuan 340 Ekor Sapi Asal Bali

BERITA MALUKU. Sebanyak 18 kelompok petani pada empat kabupaten di Maluku akan menerima bantuan 340 ekor sapi asal Bali yang dikirim dari Sulawesi Selatan Akhir bulan November 2016.

"Paling lambat awal Desember 340 ekor sapi itu sudah ada di Ambon dan akan dikirim ke empat kabupaten tersebut," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Diana Padang di Ambon, Senin (21/11/2016).

Dia menjelaskan, pembagiannya setiap anggota dalam kelompok mendapat satu ekor sapi untuk dipelihara.

"Jadi kalau satu kelompok terdiri dari 19 orang maka akan diserahkan 19 ekor sapi," ujarnya.

Petugas dari Dinas Pertanian, lanjutnya, sudah melakukan sosialisasi kepada para peternak yang akan memperoleh sapi bantuan tersebut terkait pemeliharaannya setelah diterima nanti.

"Pokoknya para petani sudah kami mempersiapkan sebab sapi bantuan itu tidak lama lagi sudah di kirim mengingat pengadaan sapi-sapi tersebut menggunakan anggaran APBN Perubahan 2016," katanya.

Diana Padang mengatakan, awalnya pada Juni 2016 peternak di daerah ini akan mendapat bantuan sapi asal Australia sebanyak 200 ekor yang akan ditempatkan di empat kabupaten tersebut, namun sampai sekarang tidak terealisasi dan diganti dengan sapi lokal asal Bali.

"Jadi kita tunggu saja, dalam waktu dekat ini sudah datang, apalagi sekarang sudah memasuki minggu terakhir November 2016," katanya.

Menyangkut rencana Kementerian Pertanian mendatangkan sedikitnya 400 ribu ekor sapi asal Meksiko, dimana langkah ini untuk menekan harga daging, Diana Padang mengatakan, rencana tersebut dibatalkan dan diganti dengan sapi lokal asal Bali.

"Karena itu sekarang ini kami disibukan dengan kegiatan sosialisasi kepada petani di empat kabupaten yang akan mendapatkan bantuan sapi lokal asal Bali itu.
Aneka 5503199390584818503
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks