Masyarakat Diimbau Waspadai Angin Kencang di Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Masyarakat Diimbau Waspadai Angin Kencang di Maluku

BERITA MALUKU. Masyarakat diimbau mewaspadai angin kencang dengan kecepatan lebih dari 30 kilometer/jam berhembus di sejumlah daerah di Maluku pada beberapa hari kedepan.

Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, di Ambon, Minggu (21/8/2016), mengatakan, daerah yang berhembus angin kencang adalah di Kabupaten Maluku Tenggara maupun Kepulauan Aru, Buru, Buru Selatan dan kota Tual.

Kecepatan angin 25 km/jam di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Barat Daya (MBD).

Sedangkan, kota Ambon serta Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Seram Bagian Timur (SBT) kecepatan anginnya 20 KM/jam.

George mengemukakan, kecepatan angin mempengaruhi tinggi gelombang yang mencapai 1,5 meter di laut Maluku, laut Buru, laut Seram dan laut Banda.

Disinggung kondisi cuaca, dia menjelaskan, sebagian besar wilayah di Maluku berawan.

Hanya, Kabupaten MTB dan MBD yang secara geografis dekat dengan Timor Leste kondisi cuaca cerah berawan.

Imbauan tersebut telah diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku maupun sembilan kabupaten dan dua kota.

Begitu pun, kepada para Bupati maupun Wali Kota se- Maluku agar mengingatkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) teknis agar memperhatikan peringatan dini dari BMKG.

Dia juga mengharapkan para Bupati dan Wali Kota agar mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrim sehingga tidak memaksakan diri berlayar.

Dalam kondisi cuaca ekstrim, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.
Bencana Alam 8502643214467084378
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks