Maluku Rentan Bencana, Kesiapsiagaan Jadi Modal Utama | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Maluku Rentan Bencana, Kesiapsiagaan Jadi Modal Utama

BERITA MALUKU. Wilayah provinsi Maluku yang memiliki garis pantai sepanjang 10.630 Km dan permukiman masyarakatnya yang lebih banyak berada di pesisir pantai, mengakibatkan sebagain besar penduduk di Maluku rentan terhadap bencana khususnya bencana tsunami.

Kondisi kerentanan ini juga ditunjang oleh keberadaan wilayah provinsi Maluku yang dilewati tiga lempeng aktif dunia yaitu lempeng Pasifik, lempeng Australia dan  lempeng Eurasia.

“Menyadari bahaya yang mengancam dan kerentanan masyarakat maka diperlukan upaya kesiapsiagaan semua unsur, baik kesiapsiagaan personil, kelembagaan maupun peralatan yang diperlukan apabila sewaktu-waktu bencana tersebut terjadi,” kata Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Seketaris Daerah Maluku, Hamin Bin Taher dalam Table Top Exercise (TTX), yang berlangsung di Natsepa Hotel, Selasa (30/8/2016).

Menurutnya, berdasarkan gambaran kondisi di wilayah Maluku dan sesuai skenario yang dirancang untuk digunakan dalam kegiatan TTX ini, maka sebagai pelayan masyarakat, khususnya aparatur pemerintah daerah atau SKPD yang berkaitan langsung dengan penanggulangan bencana, serta dukungan stakehoders terkait seperti BMKG yang menyajikan informasi gempa bumi, unsur TNI/POLRI, aparatur pemerintahan desa/kelurahan/kecamatan sebagai ujung tombak pemerintahan yang paling terdepan dan langsung bersinggungan dengan masyarakat, diharapkan selalu siaga memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat apabila kondisi terburuk harus ditangani.

Dirinya berharap, melalui TTX, semakin memperkuat kerjasama dan koordinasi diantara para pelaku dalam penanganan bencana gempa bumi dan tsunami, sehingga masyarakat terhindar dari dampak yang buruk akibat bencana tersebut.

"Ini merupakan bagian dari upaya kita mengurangi risiko akibat suatu bencana di wilayah kita," katanya.

Ditambahkan, TTX di Provinsi Maluku harus menjadi pembelajaran penting dan berharga bagi semua observer yang berasal dari provinsi  dan kabupaten/kota dari luar Maluku yang berkesempatan hadir, untuk nantinya dikembangkan di daerah sesuai  karakteristik wilayah masing-masing.
Bencana Alam 139763066494563910

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang