Tidak Miliki Syarat Kementerian, FKIP Unpatti Tak Dilibatkan Dalam Pengiriman Guru 3T | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tidak Miliki Syarat Kementerian, FKIP Unpatti Tak Dilibatkan Dalam Pengiriman Guru 3T

BERITA MALUKU. Tahun 2016 ini ada sebanyak 7.000 guru direkrut dalam program Guru Garis Depan (GGD), yang akan ditempatkan di 93 kabupaten di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di 28 provinsi.

Sayangnya, program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tidak melibatkan guru di Maluku, terutama FKIP Universitas Pattimura (Unpatti) yang setiap tahunnya melahirkan ribuan guru.

Menyikapi hal ini, Rektor Universitas Pattimura, Prof. DR. Nus Sapteno, SH, MH, mengungkapkan, Unpatti tidak diberikan tanggungjawaban apapun untuk mengadakan program tersebut. Mengingat ada beberapa syarat yang ditentukan kementerian pendidikan dan kebudyaan yang tidak ada di Unpatti.

“Syaratnya harus mempunyai asrama dan lain sebagainya dan hal tersebu belum ada di Unpatti,” kata Sapteno, kemarin. 

Menurut Sapteno, pihaknya sementara berupaya memenuhi syarat yang ditentukan Kemendikbud. Untuk itu, dirinya meminta dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Maluku, agar syarat yang ditentukan Kemendikbud bisa terpenuhi.

“Semuanya syarat Kemendikbud harus terpenuhi, kalau tidak semuanya datang dari luar,” ungkapnya. 

Menurutnya, apa yang dilakukan Kemendikbud akan membuat kesempatan Guru di Maluku semakin kecil. Padahal Maluku merupakan daerah yang termasuk 3T, dimana berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga, seperti Kabupaten Maluku Bara Daya (MBD) yang berbatasan dengan Timor Leste, Maluku Tenggara Barat dengan Australia, dan Kabupaten Kepulauan Aru dengan Papua Nugini.

“Dengan begitu, tidak perlu lagi guru dikirimkan dari luar, Kemendikbud bisa menggunakan tenaga guru dari Maluku,” pungkasnya. 

untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemda untuk memenuhi kebutuhan yang menjadi syarat yang ditentukan Kemendikbud.  
Pendidikan 8290063895549087116

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang