Puluhan Petugas Diterjunkan Bersihkan Sampah di Masjid Alfatah Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Puluhan Petugas Diterjunkan Bersihkan Sampah di Masjid Alfatah Ambon

BERITA MALUKU. Puluhan petugas sampah dan penyapu jalan Pemkot Ambon diterjukan untuk membersihkan sampah bekas Shalat Idul Fitri 1437 Hijriah di sekitar kawasan masjid Alfatah Ambon, Rabu (6/7/2016).

Petugas sampah dan penyapu jalan yang umumnya kaum wanita dan beragama Nasrani tersebut, telah disiagakan di sekitar kawasan perempatan mesjid Alfatah, saat shalat Idul Fitri berlangsung pukul 07.00 WIT, dipimpin Imam besar Masjid Alfatah KH. RR. Hasanusi.

Mereka mulai bekerja memungut sampah berupa koran bekas yang dijadikan alas tempat duduk oleh ribuan umat muslim, setelah shalat berakhir.

Sejumlah penyapu jalan bertugas mengumpulkan koran-koran bekas pada beberapa tempat, sedangkan yang lainnya mengumpulkan dan memasukkannya ke dalam karung plastik yang telah dipersiapkan.

Puluhan anak-anak yang datang bersama orang tuanya juga turut terlibat memungut dan mengangkat sampah koran bekas agar tidak beterbangan dan mengotori kawasan sekitar masjid Alfatah.

Para petugas agak kewalahan membersihkan koran bekas yang telah basah dan menempel di pelataran masjid terbesar di provinsi Maluku tersebu maupun di emperan toko dan ruas jalan sekitarnya, akibat hujan yang mengguyur Kota Ambon, beberapa jam sebelum shalat Idul Fitri berlangsung.

Masing-masing dua unit mobil sampah dan motor sampah dikerahkan pemkot Ambon untuk mengangkut sampah-sampah bekas di kawasan sekitar Masjid Alfatah.

Shalat Idul Fitri di masjid tersebut dihadiri ribuan umat Muslim yang datang dari berbagai tempat di kota Ambon, kendati sebagian besar terpaksa harus melaksanakannya dibawah guyuran hujan gerimis.

Sebagian warga lainnya, memilih melaksanakan shalat pada emperen-emperan toko di ruas jalan AY. Patty, AM. Sangaji serta ruas jalan Yos Sudarso.

Shalat dipimpin Imam Besar masjid Alfatah, Kh. RR, Hasanusi, sedangkan khotibnya yakni Direktur Pusat Bahasa dan Budaya Program pasca sarjana Universitas Negeri Sunan Kalijaga, Jogyakarta, DR. KH. Shofiyullah Muzammi.

Gubernur Maluku Said Assagaff bersama sejumlah pejabat diantaranya, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. Donny Munardo, Kapolda Maluku Brigjen Pol. Ilham Salahudin dan Wakil Wali Kota Ambon, Sam Latuconsina, turut mengikuti shalatbersama ribuan warga.

Ratusan personil gabungan TNI, Polri serta satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Pemkot Ambon terlibat bersama-sama melakukan pengamanan jalannya shalat, termasuk mengatur arus lalu lintas di sekitar kawasan tersebut.
Ramadhan 7293848847393339361

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang