Komplotan Pencuri Gasak Sejumlah Uang Masjid di Ternate | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Komplotan Pencuri Gasak Sejumlah Uang Masjid di Ternate

Ilustrasi
BERITA MALUKU. Komplotan pencuri menggasak uang di masjid kelurahan Kalumpang, kota Ternate, Maluku Utara dengan pelakunya melarikan diri.

"Bahkan, tak tanggung-tanggung pencurian itu diduga dilakukan pada siang hari menjelang shalat Dzuhur dengan cara membuka kotak amal di masjid dengan menggunakan alat," kata Ketua BKM Adnanul Muslimin, Untung Andris di Ternate, Jumat (1/7/2016).

Kejadian serupa terjadi sebelum masuk shalat Dzuhur dan pelaku tergolong professional karena mengambil kotak amal di depan masjid, selanjutnya membawanya ke dalam ruangan shalat yang biasanya digunakan perempuan untuk beribadah.

Komplotan pencuri lalu membuka kotak amal dan mengambil seluruh uang sekitar Rp1 juta.

"Memang, pencurian di masjid ini sudah dilakukan berulangkali dan insiden ini biasanya pada Kamis. Biasanya pada Jumat pengurus membuka kotak amal untuk diumumkan jumlah yang diperoleh selama sepekan," ujar Untung.

Dia mengakui, pencurian di masjid ini sudah dilakukan tiga kali. Bahkan saat Idul Adha ketika para pengurus masjid bersama masyarakat menyembelih hewan qurban, para komplotan pencurian ini bereaksi dengan mengambil uang sedekah senilai Rp2 juta lebih.

Kotak amal langsung dibuang di sekitar kantor Perum Bulog kawasan Salahuddin.

Tak hanya itu, kata Untung, komplotan pencuri ini juga mencuri berbagai fasilitas masjid dan kerugian ditaksir belasan juta rupiah.

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pengamanan secara ekstra, khususnya dengan menempatkan para penjaga masjid sehingga tidak lagi terjadi pencurian seperti ini.

"Kami akan melaporkan kejadian ini ke aparat berwajib karena pencurian ini sudah dilakukan berulangkali dan anehnya dilakukan saat bulan suci Ramadan," tandas Untung.

Sedangkan, Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Hendri Badar meminta agar pengurus masjid untuk mewaspadai maraknya pencurian menjelang perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Komplotan pencuri biasa memanfaatkan suasana sepi seperti setelah shalat Subuh dan menjelang Dzuhur, karena saat itu biasanya dimanfaatkan untuk mencuri sejumlah barang berharga dan uang dalam kotak amal," tegasnya.

Malut 3823587786663346372

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang