Kainama: Siswa SMP dan SMA di Ambon Seluruhnya Tertampung di Sekolah | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kainama: Siswa SMP dan SMA di Ambon Seluruhnya Tertampung di Sekolah

BERITA MALUKU. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, Benny Kainama menyatakan, hasil evaluasi penerimaan siswa baru tingkat SMP dan SMA seluruhnya telah tertampung di sekolah negeri maupun swasta.

"Proses penerimaan siswa baru untuk SMA dan SMK telah rampung dan hanya beberapa siswa saja yang belum mendapat sekolah. Hal tersebut disebabkan para siswa menginginkan sekolah unggulan di Ambon, tetapi pada prinsipnya masih bisa diatasi," katanya di Ambon, Rabu (13/7/2016).

Pihaknya tidak menerima laporan dari sekolah yang tidak dapat menerima siswa baru karena keterbatasan kapasitas.

Dikatakannya, sekolah unggulan di Ambon seperti SMAN 1, 2 dan 11 serta SMPN 2, 4 dan 6 juga masih mendominasi penerimaan siswa baru, walau pun minat banyak tetapi dilakukan seleksi secara online sehingga semua tertampung dengan baik.

"Animo siswa mendaftar ke sekolah unggulan mengalami peningkatan, tetapi tidak sampai pada siswa terlantar karena tidak mendapat sekolah," ujar Benny.

Dia mengemukakan, penerimaan siswa baru jenjang SMP dan SMA sederajat tahun 2016 mulai diterapkan sistem online diseluruh sekolah. Tahun ajaran 2015/2016 diterapkan sistem rayonisasi guna meminimalisasi pendaftaran siswa baru di sekolah tertentu.

"Sistem tersebut setelah diveluasi kurang maksimal, karena masih banyak siswa yang memilih sekolah unggulan yang ada di pusat kota. Hal ini berdampak pada meningkatnya jumlah siswa yang mendaftar di sekolah tersebut," kata Benny.

Ia menyatakan, penerapan sistem online membantu siswa dan orang tua dalam mengurus, karena siswa tidak perlu ke sekolah yang dituju tetapi cukup mendaftar dan memantau status.

Terkait penerimaan siswa baru, lanjut Benny pihaknya tidak menerapkan biaya admnistrasi atau bebas pungutan. Setiap siswa yang mendaftar bebas dari pungutan atau gratis.

"Saya menegaskan dalam penerimaan siswa baru tidak ada yang memungut biaya, jika ada segera laporkan ke dinas pendidikan," tandasnya.

Ditambahkannya, penerimaan siswa baru pihak sekolah harus memperhatikan kapasitas ruangan belajar agar kualitas pendidikan bisa ditingkatkan.

Selain ruangan belajar, hal lain yang harus diperhatikan adalah jumlah guru dan fasilitas sekolah seperti ruang laboratorium dan perpustakaan, karena berdampak terhadap kualitas pendidikan.
Pendidikan 2033217252198478592

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang