PDAM Dobo Rehap Penampungan Air di Pelabuhan Yos Sudarso | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

PDAM Dobo Rehap Penampungan Air di Pelabuhan Yos Sudarso


BERITA MALUKU. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru kini sementara merehab wadah penampungan air di pelabuhan Yos Sudarso, Dobo.

Rehab dimaksud untuk menambah daya tampung air lebih besar yang nantinya disalurkan ke kapal-kapal milik PT. PELNI maupun kapal-kapal lainnya.

Kepala PDAM Dobo, Hans B. Tapotubun kepada Berita Maluku Online, Selasa (21/6/2016) di ruang kerjanya mengatakan, adanya pekerjaan merehab wadah tempat penampungan air guna meningkatkan kapasitas debit air di pelabuhan, mengingat selama ini penampungan air di pelabuhan Yos Sudarso tak sesuai yang diharapkan.

Untuk biaya merehab sarana tersebut pihaknya menggunakan anggaran PDAM Dobo senilai Rp100 juta lebih.

Dikatakan, sebelumnya daya tampung air di pelabuhan Dobo berkisar 15 kubik per jam, dan ditingkatkan menjadi 50 hingga 100 meter kubik per jam.

“Selama ini pembangunan bak penampung dan rumah pompa sudah ada, namun wadah kurang mampu menampung kapasitas pompa lebih besar dan konstruksinya sudah retak dan goyang,” katanya.

Menurutnya, rehab wadah tak lama lagi rampung sehingga PDAM Dobo akan lebih siap melayani kapal-kapal yang menyinggahi pelabuhan Yos sudarso untuk melakukan pengisian air.

“Jadi bila kapal sandar di pelabuhan Dobo dengan rentang waktu satu jam saja, itu bisa terisi 50 hinga 100 ton air ke setiap kapal. Sehingga kita tidak lama-lama, dibandingkan dengan pelabuhan Tual, dimana air di Tual disalurkan ke kapal-kapal hanya menggunakan mobil tanki, dan proses pengisian cukup memakan waktu lama,” ujarnya (IWe)
Daerah 6201529922857831814

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang