Harga Daging Sapi di Ambon Masih Normal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Daging Sapi di Ambon Masih Normal

BERITA MALUKU. Harga daging sapi segar yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar Arumbay, kawasan pasar Mardika Kota Ambon, Maluku, memasuki hari pertama ibadah puasa ramadan, Senin (6/6/2016) masih normal.

Harga daging sapi segar di pasar masih berkisar Rp90.000/kg, dan belum ada kenaikan.

"Belum terjadi perubahan, kecuali ada perubahan harga di tingkat peternak baru bisa terjadi perubahan juga di pasar," kata Ujir, seorang pedagang daging sapi.

Ia mengatakan para peternak masih mempertahankan harga jual bagi pedagang di pasar, dan stok pun cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat di Kota Ambon.

"Tapi saya tidak bisa memastikan harga yang sekarang ini akan bertahan selama bulan puasa hingga perayaan idul fitri nanti," katanya.

Ujir menjelaskan, kalau ada pengusaha dari luar Maluku yang membeli langsung dari peternak dengan harga tinggi, pasti peternak tertarik untuk menjual, dan hal itu akan mempengaruhi harga di pasar Ambon akibat stok berkurang.

Hal seperti itu, kata Ujir, pernah terjadi pada perayaan idul fitri tahun 2015, di mana sejumlah pengusaha dari Papua datang membeli sapi di Pulau Seram sehingga harga terjadi perubahan harga naik di pasar.

"Mudah-mudahan tidak terjadi perubahan harga di sentra produksi agar di pasar juga tidak mengalami perubahan hingga perayaan idul fitri nanti," katanya.

Selain harga daging sapi, harga daging ayam beku yang selama ini didatangkan dari Surabaya harganya masih sama dengan ayam pedaging produksi lokal yakni Rp30.000/kg.

"Belum ada perubahan harga, kalau ayam pedaging lokal selain jual kiloan, dapat dibeli juga dengan ukuran eceran dimana Rp20.000/paha ayam tergantung ukuran," kata Rustam pedagang daging ayam pedaging asal lokal.

Sementara itu, daging ayam kampung ditawarkan pedagang dengan harga Rp100.000 hingga Rp125.000/ekor untuk jenis pejantan, tergantung ukuran, dan Rp55.000 hingga Rp60.000/ekor untuk jenis betina.

Sedangkan harga telur ayam ras berkisar antara Rp1.400 dan Rp1.600/butir, dan telur ayam kampung Rp3.500/butir.
Ekonomi 454746055753250569

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang