Puluhan Ribu Umat Muslim Maluku Ikut Gerakan Nusantara Mengaji | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Puluhan Ribu Umat Muslim Maluku Ikut Gerakan Nusantara Mengaji

BERITA MALUKU. Puluhan ribu umat Islam di Maluku telah mendaftar dalam rangka menyukseskan Gerakan Nusantara Mengaji 300.000 Khataman Alquran yang penyelenggaraannya serentak di Tanah Air pada 7 - 8 Mei 2016.

"Kami memastikan kesiapan menyelenggarakan Nusantara Mengaji 300.000 Khataman Alquran di Maluku yang hingga saat ini peserta yang terdaftar lebih dari 21.000 orang," kata Ketua Dewan Pembina Nusantara Mengaji Maluku Basri Damis di Ambon, Selasa (3/5/2016).

Basri mengatakan, tingginya minat umat Islam menyukseskan gerakan ini karena telah disosialisasikan dan pemantapan di sembilan kabupaten/kota.

Bahkan, pemantapan gerakan ini melalui rapat koordinasi di Ambon, ibu kota Provinsi Maluku pada 24 April 2016 dengan melibatkan seluruh DPC PKB maupun anggota DPRD, baik Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Maluku.

Basri yang juga Ketua DPW PKB Maluku didampingi Korwil Nusantara Mengaji Wilayah Maluku, Malaka Yaluhun mengemukakan, rapat koordinasi yang diselenggarakan di kota Ambon merupakan yang terakhir dengan melibatkan juga pengurus maupun badan otonom NU se- Maluku.

"Saya dan Korwil Nusantara Mengaji Wilayah Maluku sebelumnya telah melakukan sosialisasi dan pemantapan di sembilan Kabupaten/Kota di Provinsi ini yang dikoordinir masing-masing DPC PKB dengan melibatkan anggota DPRD beragama Islam," ujarnya.

Juga merekrut sekitar 100 panitia yang bekerja di sembilan kabupaten/kota dengan menjaring peserta Gerakan Nusantara Mengaji dengan sistem online melalui webiste "www.nusantaramengaji.com.

Dia mengemukakan, Nusantara Mengaji yang digagas Muhaimin Iskandar merupakan gerakan nasional untuk menggemakan dan menyiarkan Alquran dengan 300.000 khataman dengan tidak membawa bendera PKB, kendati menjadi Ketua DPP Parpol ini.

Kegiatannya didesain dalam bentuk doa untuk keselamatan negara dan bangsa Indonesia mengingat sendi-sendi kehidupan kebangsaan, kenegaraan dan kemasyarakatan Indonesia saat ini mengalami berbagai ujian maupun cobaan yang tidak ringan, baik ancaman radikalisme, terorisme, kesenjangan ekonomi dan sosial.

Tidak kalah pentingnya adalah semakin memudarnya nilai-nilai keagamaan, menjamurnya pergaulan bebas, maraknya penggunaan narkoba serta perilaku menang sendiri semakin menambah berat perjuangan untuk mewujudkan negara "baldatun thoibatun wa rabbul ghofur".

"Kita tidak boleh membiarkan hal tersebut terus terjadi, maka marilah bersama-sama dengan segala upaya maupun doa menyelesaikan masalah tersebut," tegas Basri.

Nusantara Mengaji merupakan gerakan yang diselenggarakan secara serentak dan terstruktur, dari bagian paling Timur sampai Barat Indonesia.

"Penggagas Muhaimin Iskandar menginginkan dengan doa diharapkan bangsa Indonesia dijauhkan dari bala dan bencana serta diberikan jalan keluar atas segala persoalan," tandas Basri.

Dia juga mengajak para kiai, hafidz, santri dan pencinta Alquran di Maluku yang belum mendaftar sebagai peserta agar bergabung untuk membaca dan mengkhatamkan Alquran 300.000 kali.

"Kami optimistis melalui Gerakan Nusantara Mengaji bangsa Indonesia dijauhi dari bala dan cobaan serta diberi kekuatan agar mampu mengatasi berbagai persoalan," tegas Basri.

Sedangkan, Korwil Nusantara Mengaji Maluku, Malaka Yaluhun mengharapkan gerakan ini dapat meningkatkan minat generasi muda untuk menghafal Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, para imam masjid, TPQ, majelis-majelis ta'lim, pesantren dan ormas-ormas Islam se- Maluku telah mendaftar dan menyatakan tekad untuk menyukseskan Gerakan Nusantara Mengaji.

"Kami terharu dengan kebijakan MUI Maluku telah mengeluarkan imbauan agar umat Islam di daerah ini harus berpartisipasi untuk menyelesaian Alquran sebanyak 30 juz, mulai dari surat Al Fatihah sampai surat An Nas," kata Malaka Yaluhun.
Aneka 4695686619239513492

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang