Miliaran Rupiah Melayang, Proyek Drainase Desa Sifnana MTB Masih Terbengkalai | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Miliaran Rupiah Melayang, Proyek Drainase Desa Sifnana MTB Masih Terbengkalai

BERITA MALUKU. Walaupun uang negara miliaran rupiah sudah melayang, namun proyek pekerjaan drainase di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) belum juga rampung dan dibiarkan terlantar begitu saja hingga kini.

Terbengkalainya proyek fisik pembangunan drainase Desa Sinana itu diduga ada ada “permainan” oknum instansi teknis bersama pihak kontraktor pelaksana untuk mencari untung besar. Pasalnya, selama proyek itu dikerjakan, tak ada pengawasan sebagaimana mestinya.

Informasi yang diperoleh media ini, proyek yang didanai APBD Provinsi Maluku tahun anggaran 2014/2015 dengan jumlah dana sebesar Rp8 miliar sepanjang ratusan meter itu, ditangani Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Cipta Karya Dinas PU Provinsi Maluku, Anwar Hamid yang dikonfirmasi Berita Maluku Online di ruang kerjanya, Selasa (31/5/2016) mengaku, proyek pekerjaan drainase  memang ditangani pihaknya.

Terkesan lelaki ini berkelit ketika ditanya panjang lebar menyangkut siapa kontrakor pelaksana, besaran nilai proyek dan batas waktu pekerjaan proyek.

“Pokoknya saya sudah lupa berapa jumlah nilai proyek dan siapa yang mengerjakannya,” ujarnya.

Dia mengatakan, salah satu hal yang membuat proyek ini terhambat, adalah soal pembebasan lahan, dimana proyek pekerjaan drainase dibangun di desa Sifnana.

“Untuk itu, dalam waktu dekat ini saya akan turun ke lapangan untuk pastikan keberadaan proyek drainase tersebut agar ditindaklanjuti,” katanya.

Sebelumnya, kepada awak media di Saumlaki, ibukota kabupaten MTB, Kepala Dinas PU MTB, Rony Watumlawar mengaku sejumlah paket proyek yang masuk ke Kabupaten MTB yang dibiayai dana APBN maupun APBD Provinsi Maluku tak diawasi oleh pihaknya, karena saat proyek tersebut masuk, pihaknya sebagai intansi teknis di  kabupaten, tak diberi tahu, padahal proyek itu punya asas manfaat bagi pembangunan di kabupaten MTB. (HT/PTe)
Proyek 930207568653251917

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang