Kebutuhan Pokok di Maluku Masih Cukup Jelang Ramadhan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kebutuhan Pokok di Maluku Masih Cukup Jelang Ramadhan

BERITA MALUKU. Kebutuhan bahan pokok di Provinsi Maluku masih cukup guna memenuhi permintaan masyarakat menjelang bulan suci ramadhan.

"Saya sudah melakukan koordinasi dengan dinas perdagangan yang ada di kabupaten dan kota dan menanyakan situasi kondisi stok bahan kebutuhan pokok menjelang Bulan Ramadhan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Angky Papilaya di Ambon, Selasa (31/5/2016).

Menurutnya semua kebutuhan pokok cukup, kecuali gula pasir yang dianggap masih kurang.

Dengan demikian sudah dapat disimpulkan bahwa menghadapi hari-hari besar keagamaan khususnya menghadapi bulan suci Ramadhan sampai dengan lebaran seluruh kebutuhan pokok ada dalam jumlah yang cukup.

"Kalau sampai stok seluruh kebutuhan pokok dalam jumlah yang cukup maka harga juga pasti terjangkau," ujarnya.

Angky juga mengakui, kalau dalam laporan kepala-kepala dinas ada beberapa kabupaten yang menginformasikan beberapa komoditas yang masih kurang diantaranya Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) terkait dengan stok gula pasir.

"Stok gula di Kabupaten Bursel maupun di Malteng masih kurang, dan kalau bicara soal stok gula pasir hampir terjadi di seluruh wilayah di Indonesia," ujarnya.

Sangat terbatas stok gula pasir, lanjutnya, hal ini dikarenakan yang pertama itu prediksi musim giling di pabrik-pabrik yang ada di Pulau Jawa itu meleset dari jadwal semula tidak tepat waktu sehingga produksi gula juga tertunda.

"Musim giling dalam perhitungan itu akan terjadi pada pertengahan bulan Juni, karena itu melalui Kementerian Perdagangan telah mengambil kebijakan yakni memasok gula kristal putih guna membantu Provinsi termasuk Provinsi Maluku," ujarnya.

Provinsi Maluku mendapatkan satu kontainer yang diperkirakan sebanyak 32 ton, lanjutnya, dan diperkirakan tiba di Ambon pada tanggal 1 Juni 2016 dan akan dijual dengan harga Rp13.500/kg.
Ekonomi 1879254554862596247

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang