Ambon dan Buru Masuk Program Reboisasi Dishut | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ambon dan Buru Masuk Program Reboisasi Dishut

BERITA MALUKU. Tahun 2016 ini, kota Ambon dan Buru masuk dalam program reboisasi, Dinas Kehutanan Provinsi Maluku.

“Kabupaten Buru kita lakukan di Kawasan Hutan Produksi (KPH) sedangkan di kota Ambon kita laksanakan di kawasan Leitimur," kata Kepala Bidang perlindungan hutan dan konservasi, Dinas Kehutanan Maluku, Sandy Luhulima, Selasa (19/4/2016).

Reboisasi yang dilaksanakan Dishut untuk menanam kembali hutan yang telah ditebang dan tandus atau gundul.
Menurut Luhulima, reboisasi di kedua wilayah itu berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan cara menyerap polusi serta debu dari udara, kemudian membangun kembali habitat serta ekosistem alam, selain itu mencegah pemanasan global dengan cara menangkap karbon dioksida dari udara, serta dapat dimanfaatkan hasilnya terutama kayu.

“Untuk itu saya berharap, reboisasi yang dilakukan dapat meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan sumber daya alam yang ada di kedua kawasan,” ucapnya.

Sebelumnya, reboisasi hutan dilakukan oleh Dishut di negeri lima, kecamatan Leihitu, kabupaten Maluku Tengah yang hancur akibat jebolnya dam Way Ela pada tahun 2011 silam.

“Jadi kita memberikan tanaman kepada masyarakat untuk menanam secara langsung, sedangkan kita hanya mengawasi hasil tanaman masyarakat, dan kalau ada tanaman yang rusak maka kita memberikan tanaman baru untuk kembali ditanam,” tuturnya.

Dirinya berharap, reboisasi yang dilakukan akan memulihkan hutan baik di Ambon maupun di Buru.
Lingkungan 6707007731941520180

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang