Juni 2016, Kapal Pembangkit Listrik MVPP Beroperasi di Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Juni 2016, Kapal Pembangkit Listrik MVPP Beroperasi di Ambon


BERITA MALUKU. Kapal pembangkit listrik Marine Vessel Power Plant (MVPP) aradeniz Powership Zeynep Sultan berkapasitas 60 MW akan dioperasionalkan di Ambon pada Juni 2016.

"Kami saat ini sementara melakukan percepatan pembanguan transmisi untuk menunjang operasional kapal pembangkit listrik MVPP yang dimulai Juni 2016," kata Deputi Manajer Hukum dan Humas PT PLN Maluku dan Maluku Utara (MMU), Eduarad Peea, di Ambon, Jumat (11/3/2016).

Ia mengataakan, kapal pembangkit listrik akan beroperasi di desa Waai, pulau Ambon dengan kapasitas 60 MW. Daya listrik ini akan disalurkan melalui transmisi 70 kV di desa Waai menuju desa Passo, kecamatan Baguala hingga kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Jaringan transmisi Pulau Ambon dalam tahapan pembangunan yang dimulai dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Waai hingga Passo sepanjang 18 KM atau 150 KV, dilanjutkan pembangunan Passo- Sirimau 12 KM atau 70 Kv.

Selain itu pembangunan jaringan Passo - Hative Besar 26 KM atau 150 KV yang akan dilaksanakan pada 2017.

"Pembangunan gardu induk di kawasan Passo dan kecamatan Sirimau akan disalurkan kepada masyarakat ditargetkan rampung Juni 2016, " katanya.

Menurut Eduard, Ambon terpilih sebagai salah satu dari lima wilayah di Indonesia yang akan ditempatkan kapal pembangkit listrik MVPP.

"Kapal pembangkit listrik dipastikan akan menjawab seluruh kebutuhan masyarakat.Pengoperasiannya akan dimulai Juni 2016," ujarnya.

Ia mengakui, kapal ini sebagai solusi jangka pendek terhadap persoalan krisis listrik di berbagai daerah. Pengoperasian kapal genset ini sebagai 'jembatan' sebelum tuntasnya proyek listrik 35.000 MW.

Pemanfaatan kapal pembangkit listrik ini membantu daerah di Indonesia yang kekurangan listrik. Wilayah Indonesia yang merupakan kepulauan cocok untuk pembangkit listrik apung.

"Kapal-kapal 'genset raksasa' ini disewa oleh PLN untuk lima tahun ke depan dari perusahaan di Turki. Kita berharap masalah kelistrikan di Maluku dapat ditangani dengan kehadiran kapal pembangkit tersebut," tandas Eduarad.
Aneka 2568494138596299169

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang