Banyak Kepsek di Ambon Masuki Masa Pensiun, Puluhan Guru Pun Ikut Seleksi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Banyak Kepsek di Ambon Masuki Masa Pensiun, Puluhan Guru Pun Ikut Seleksi

BERITA MALUKU. Sebanyak 79 guru tingkat Sekolah Dasar (SD) di kota Ambon mengikuti seleksi terbuka calon kepala sekolah.

"Seleksi calon kepala sekolah dilakukan mengingat banyak kepala sekolah yang telah memasuki masa pensiun, sehingga harus segera dilakukan seleksi melalui tes oleh panitia seleksi," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Ambon, Jumat (19/2/2016).

Ia mengatakan, seleksi terbuka calon kepala sekolah dilakukan oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah (LP2KS) Solo, sebagai upaya menghasilkan kepala sekolah yang berkualitas.

"Seleksi calon kepala sekolah kita bekerjasama dengan LP2KS guna menghindari sistem nepotisme karena seleksi dilakukan secara murni," katanya.

Richard menyatakan, para calon kepala sekolah menjalani rangkaian seleksi yakni administrasi, tes lisan dan tertulis, serta wawancara berdasarkan kompetensi.

"Tes akademik dan administrasi dilakukan sebagai upaya mengedepankan proses seleksi, karena proses ini terbuka untuk seluruh guru yang telah memenuhi persyaratan sebagai calon kepala sekolah," katanya.

Diakuinya, seleksi ini terbuka kepada seluruh guru yang memenuhi persyaratan, karena itu para kepala sekolah yang masih menjabat diimbau untuk tidak menghambat para guru yang akan ikut seleksi.

"Kedepan jika ada kepala sekolah yang menghambat,kami tidak segan untuk melakukan tindakan tegas, karena masa depan guru bukan kepentingan kepala sekolah," ujarnya.

Ia menyatakan,para guru yang mengikuti seleksi bukan untuk memperbaiki nasib tetapi untuk meningkatkan kualitas pendidikan para siswa.

Pendidikan lanjutnya,merupakan salah satu kunci utama integritas maupun kredibilitas sebuah bangsa, dalam pembukaan UUD secara tegas dinyatakan pentingnya pendidikan bagi bangsa dan negara, karena pendidikan merupakan salah satu falsafah untuk mencerdaskan kehidupan generasi bangsa.

Richard menambahkan, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup sumber daya manusia di sektor pendidikan.

"Segala bentuk terobosan harus dilakukan agar kita mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia, Kedepan di era digital kecenderungan bukan kekuatan fisik maupun otot, tapi otak yang menjadi kekuatan kita," tandasnya.
Pendidikan 5746505698080463278

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang