Ahli Konstruksi Didatangkan Benahi Infrastruktur Akibat Gempa di Halbar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ahli Konstruksi Didatangkan Benahi Infrastruktur Akibat Gempa di Halbar

BERITA MALUKU. Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), mendatangkan ahli konstruksi untuk membenahi sejumlah infrastruktur yang rusak akibat diterjang gempa bumi pada sebulan terakhir ini.

"Ahli konstruksi ini menguji kelayakan sejumlah bangunan yang rusak seperti Kantor DPRD dan fasilitas umum lainnya akibat gempa bumi berkekuatan 4,9 skala ricter (SR)pada beberapa waktu lalu ," kata Kabid Program Dinas PU dan Perumahan Rakyat Halbar, Abdul Hamid Yusri, di Ternate, Kamis (31/12/2015).

Ternyata, berdasarkan hasil survei direkomendasikan kondisi kantor DPRD tidak layak lagi dimanfaatkan.

Abdul mengatakan, setelah hasil survei kantor tersebut, pihak Dinas PU telah mengeluarkan rekomendasi kepada Bupati Halbar, Namto Hui Roba untuk ditelaah.

"Hasilnya telah diserahkan ke Bupati untuk ditelaah kondisi bangunan tersebut, apalagi langkah kedepan harus mendatangkan tim ahli konstruksi untuk menguji dan meneliti secara detail," katanya.

Menurut dia, tidak layak lagi kantor DPRD Halbar karena ring balok, tiang penyangga dan lantai, deletase penahan, ternyata semua sudah retak -retak maupun sebagiannya telah ambruk.

Sehingga, harus dibongkar secara total dan dibangun baru dengan konstruksi yang kuat, mengingat daerah Halbar termasuk rawan gempa bumi.

Sedangkan, Sekkab Halbar, Abjan Sofyan mengatakan, terkait masalah tersebut, nanti dilakukan rapat bersama antara Pemkab dengan DPRD untuk mencari solusinya masalah tersebut.

"Kami juga akan mengkajinya ulang jika itu sudah tidak layak lagi maka perlu diusulkan untuk dibangun baru, sebab kondisinya tidak layak lagi," katanya.
Malut 4661551668864048108

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang