Warga Morotai Maluku Utara Krisis Air Bersih | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Warga Morotai Maluku Utara Krisis Air Bersih

BERITA MALUKU. Warga di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, dalam lima bulan terakhir mengalami krisis air bersih, menyusul kemarau panjang yang terjadi di daerah ini maupun gangguan penyaluran air PDAM di daerah ini.

"Selain itu, kami tidak mendapatkan penyaluran air bersih yang memadai. Kalau pun air mengalir, tidak sampai satu hari, bahkan air mengalir tidak normal, seperti tali benang saja dan warga menampungnya juga harus di luar rumah," kata salah seorang warga, Hanifah, di Ternate, Selasa (20/10/2915).

Dia mengatakan, sebagian besar warga terpaksa memilih menggunakan air mineral dengan menggunakan galon untuk memenuhi keperluan air bersih untuk mereka sehari-hari.

Meskipun telah seminggu air bersih tidak mengaliri permukiman warga sekitar, pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat belum turun dan melakukan kroscek ke lokasi itu.

Warga berharap, masalah ini segera dituntaskan, mengingat kebutuhan air bersih sangat penting untuk keperluan sehari-hari.

Direktur PDAM Morotai, Musadid Pawane, saat dikonfirmasi membenarkan adanya kerusakan pipa induk yang menyedot air dari Kali (sungai) Cao bendungannya jebol dan masih dalam proses perbaikan.

Menurutnya, terdapat dua pipa penyaluran air yang mengaliri pusat kota Daruba, yaitu satu pipa transmisi ruas Desa Dehegila menuju pusat kota Daruba, dan satu pipa lagi terdapat di Km 2.

"Kami usahakan cepat diselesaikan perbaikannya," ujarnya pula.

Dia juga berjanji selama menangani kerusakan ini, pihaknya akan menyuplai air bersih untuk kompleks Asam Jawa dengan menggunakan mobil tangki air milik PDAM setempat.

"Pemerintah daerah juga sudah saatnya bisa membantu dalam penanganan air bersih bagi kebutuhan masyarakat di daerah ini," katanya lagi. (Ant/bm 01)
Malut 5692742413604537400

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang